4 Cara Mencegah Bunuh Diri yang Ampuh

4 Cara Mencegah Bunuh Diri yang Ampuh

Banyak orang yang berniat untuk melakukan bunuh diri entah karena masalah pribadi ataupun masalah dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya orang yang ingin melakukan bunuh diri dikarenakan ia sedang memiliki masalah dalam hidupnya dan seakan sudah tidak mampu lagi untuk memikul beban hidupnya yang kian kemari kian terasa amat berat untuk dilaluinya. Karena itulah biasanya banyak orang yang berpikiran pendek kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Berikut adalah cara agar kita bisa terhindar dari keinginan atau tindakan bunuh diri yang bisa dilakukan :
– Menjadi pendengar yang baik
Biasanya banyak orang yang ketika berada dalam posisi yang sulit sebenarnya mereka hanya sedang membutuhkan teman bicara untuk melampiaskan keluh kesah mereka. Maka disinilah dibutuhkan seseorang yang mau menjadi pendengar yang baik, biasanya adalah teman terdekat, keluarga atau sahabatnya. Kita bisa mendengarkan keluh kesah mereka atau curahan hati mereka dengan seksama dan juga jika bisa kita memberikan solusi kepada mereka dalam menghadapi permasalahan yang tengah mereka alami. Mereka pasti akan merasa lebih tenang ketika sudah bisa mencurahkan isi hati mereka dan merasa masih ada yang peduli terhadap mereka.

– Jauhkan barang berbahaya
Sebisa mungkin bagi orang terdekat supaya menjauhkan benda yang tergolong bahaya yang bisa untuk digunakan sebagai alat bunuh diri. Benda tajam seperti pisau, gunting, silet kemudian garpu dan semacamnya lebih baik disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauannya. Karena orang yang berniat untuk bunuh diri biasanya akan menggunakan benda apapun yang bisa ia gunakan untuk membunuh dirinya dan yang letaknya paling dekat. Selain benda berbahaya, yang paling utama adalah obat-obatan atau racun juga harus dijauhkan.

– Berilah selalu semangat motivasi kepadanya
Bagi orang terdekat seperti sahabat, teman ataupun keluarga baiknya selalu memberikan semangat motivasi kepada orang yang kelihatannya sedang berada pada kondisi yang tertekan. Berilah motivasi yang lebih menyemangatkan mereka dan intinya meyakinkan bahwa ia bisa untuk mengatasi masalah yang tengah dihadapinya. Berilah pemikiran-pemikiran yang positif sehingga ia dapat kembali berpikiran positif dan jau dari pemikiran negative. Yang paling penting adalah jangan membuat kata-kata yang memicu perebatan yang nantinya malah membuat mental mereka menjadi lebih down.

 4 Cara Mencegah Bunuh Diri Yang Ampuh– Mengajaknya Untuk Terus Bergerak
Biasanya sebuah masalah akan hilang dari pikiran kita ketika kita sedang dalam kedaan bergerak dan merasa bahagia. Maka dari itu ajaklah mereka yang sedang dalam masalah untuk melakukan aktifitas yang membuat hidup menjadi lebih bersemangat misalnya dengan berolahraga atau sekedar jalan-jalan ke mall. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, melakukan aktivitas fisik terbukti mampu untuk meredakan stress, kemudian melakukan aktivitas olahraga mampu membuat orang merasa lebih senang. maka dengan itu melakukan aktivitas fisik memang bagus untuk membuat orang tersebut merasa lebih senang dan meminimalisir keinginannya untuk bunuh diri nantinya.

Itulah beberapa tips dan trik dari yang bisa anda lakukan untuk bisa meminimalisir keinginan untuk melakukan bunuh diri. Tindakan bunuh diri bukanlah merupakan tindakan yang bijak untuk dilakukan. hal ini justru malah menimbulkan masalah baru bagi keluarga yang ditinggalkan. Kemudian juga tindakan bunuh diri merupakan hal yang dilarang di setiap agama yang ada di dunia, maka tidak ada seorangpun yang membenarkan tindakan bunuh diri tersebut. maka dari itu kita haruslah senantiasa untuk lebih bijak lagi dan yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

About

View all posts by

Leave a Reply