Tips Menangani Ibu Penderita Baby Blues Yang Ingin Bunuh Diri

Tips Menangani Ibu Penderita Baby Blues Yang Ingin Bunuh Diri

Tips Menangani Ibu Penderita Baby Blues Yang Ingin Bunuh Diri – Baby blues merupakan gangguan emosional yang diderita oleh wanita yang baru saja melahirkan. Baby blues ini disebabkan oleh kondisi hormon wanita setelah melahirkan. Selain karena kondisi hormon, baby blues juga dipicu suasana baru ketika sudah melahirkan dan kondisi lingkungan yang tidak dapat mengerti suasana hati penderita yang kadang sedih, cemas, atau ketakutan secar berlebihan. Baby blues ini tidak dialami oleh semua wanita setelah melahirkan. Namun, bagi wanita yang menderita baby blues akan bahaya jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Bahkan, jika baby blues ini dibiarkan tanpa berusaha untuk mencari solusi, maka keselamatan nyawa ibu terancam karena wanita penderita baby blues sering berpikiran negatif hingga berusaha melakukan percobaan bunuh diri. Berikut ini merupakan beberapa tips dari salah satu pemain multibet88.online yang merupakan anggota situs judi bola yang sudah berpengalaman dalam menghadapi wanita baby blues agar tidak sampai melakukan percobaan bunuh diri atau mengalami setres yang bisa mengakibatkan pendarahan yang bisa membahayakan diri, yaitu :

– Peran Orang Tua Dan Pasangan

Peran orang tua dan pasangan adalah yang paling utama dalam menghadapi wanita baby blues. Wanita yang baru saja melahirkan bisa jadi masih memiliki rasa takut dan cemas dalam mengurus bayi. Oleh karena itu, peran orang tua di sini dibutuhkan agar dapat membantu si ibu muda dalam mengurus bayinya. Namun, tetap harus diperhatikan bahwa orang tua tidak boleh memberikan kata-kata yang sekiranya dapat mengganggu pikiran si wanita yang baru saja melahirkan.

Peran pasangan untuk wanita yang baru saja melahirkan sangat penting agar dia dapat menyampaikan keluh kesahnya pada pasangan. Peran pasangan di sini juga untuk menjadi teman baginya untuk belajar cara mengurus bayi bersama-sama. Selain itu, pasangan juga harus memberikan kasih sayang dan perhatian yang lebih agar si wanita yang baru saja melahirkan.

– Jangan Biarkan Wanita Yang Baby Blues Sendirian

Wanita yang baru saja melahirkan selalu membutuhkan teman agar ia tidak takut untuk mengurus bayinya. Orang-orang terdekat seperti keluarga dan pasangan adalah orang yang tepat untuk menemani wanita yang baru saja melahirkan. Jika ia dibiarkan sendirian, maka yang ditakutkan adalah emosinya naik turun karena pengaruh hormon setelah melahirkan. Selain itu, jika ia dibiarkan sendirian dikhawatirkan akan membuat pemikiran negatif seperti tidak ada yang peduli dengannya dan pemikiran ia belum bisa menjadi ibu yang baik. Akibatnya, hal ini dapat membahayakan, terutama untuk si wanita dan bayi. Karena, wanita baby blues cenderung berpikir untuk mengakhiri hidupnya daripada tidak mampu merawat bayinya dengan baik.

– Batasi Orang Yang Ingin Menengok Wanita Yang Baru Melahirkan
Ketika seseorang baru saja melahirkan, pasti banyak orang yang ingin mengetahui keadaannya dan bayinya. Dalam hal ini, peran keluarga terdekat kembali dibutuhkan untuk membatasi orang yang ingin menengok ibu muda yang baru saja melahirkan. Hal ini disebabkan karena biasanya orang yang menengok cenderung merasa gemas kepada si bayi dan akan mencoba berkomunikasi dengan si bayi, seperti mencoba untuk menggendong dan mencium si bayi. Hal ini dapat menimbulkan rasa khawatir kepada si ibu karena ia pasti berpikir apakah orang yang menyentuh bayinya bersih dan sehat atau tidak. Oleh karena itu, sebaiknya jika menengok ibu yang baru saja melahirkan harus berusaha menahan hasrat untuk dapat menyentuh si bayi.

Selain itu, biasanya orang yang menengok ibu yang baru saja melahirkan akan memberikan komentar-komentar mereka. Komentar yang berlebihan seperti membandingkan pengalamannya mengurus bayi dengan yang dilakukan si ibu, berkomentar tentang fisik si ibu dan bayi, serta berusaha memberi masukan tetapi menggunakan kalimat yang menyakitkan akan membuat si ibu yang baru melahirkan tertekan. Oleh sebab itu, jika berkunjung ke orang yang abru saja melahirkan harus dapat menjaga pembicaraan agar tidak menjadi tekanan untuk si ibu.

Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri
Arsip Artikel Blog Informasi

Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri

Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri – Dalam kehidupan setiap manusia pasti memiliki masalah. Banyak cara manusia untuk melampiaskan rasa akibat adanya tersebut. Ada yang memilih untuk berteriak, marah, tidur, menyendiri, bercerita kepada teman, menyakiti diri sendiri sampai berupaya bunuh diri. Menyakiti diri sendiri atau self injury adalah salah satu bentuk gangguan mental atau depresi akbibat permasalahan yang ada. Ketika orang yang mengalami gangguan mental self injury ini mendapat masalah, maka dia akan mengekspresikan emosinya terhadap masalah dengan cara menyakiti diri sendiri yang tentunya akan menimbulkan sensasi tersendiri untuknya. Selain itu, self injury ini biasanya dialami orang yang mengalami kekosongan dalam dirinya, sehingga tidak mampu mengendalikan tindakannya.

Cara menyakiti diri yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang mengalami depresi adalah cutting atau menyayat tubuh mereka hingga berdarah-darah. Cutting ini biasa dilakukan oleh remaja dengan oemikiran labil atau pada orang dewasa yang tidak tahu kemana harus bercerita. Awalnya orang-orang yang depresi ini melakukan cutting pada bagian tangan saja. Tetapi, saat ini bertambah parah karena mereka bisa menyayat bagian tubuh lain seperti kaki, punggung, bahkan leher. Biasanya orang yang suka menyakiti diri sendiri dengan cutting ini tidak menampakkan tanda-tanda mencurigakan, kecuali ketika mereka sudah dalam tahap depresi parah maka mereka akan berusaha mengakhiri hidupnya.
Tindakan menyakiti diri dengan cara cutting ini harus bisa dihentikan. Karena jika tindakan ini tidak dicegah akan berakibat fatal hingga hilangnya nyawa seseorang. Tindakan cutting ini merupakan tindakan candu, yang dimana sekali saja kita melakukan, esok hari jika kita mendapat masalah maka akan mencoba melakukan hal serupa atau bahkan lebih parah hingga berujung percobaan bunuh diri. Berikut ada beberapa cara untuk menghentikan anda yang suka melampiaskan emosi anda dengan cara menyakiti diri sendiri.

• Cari orang yang dapat menemani anda. Orang-orang ini bisa orang terdekat yang anda seperti orang tua dan sahabat. Hal ini agar anda tidak merasa bahwa anda sendirian sehingga ingin menghilangkan rasa sepi dengan menyayat diri. Anda juga bisa meminta orang terdekat anda berkunjung ke suatu tempat hanya untuk sekedar menghibur diri seperti nonton film di bioskop, taman, mall, atau tempat lain yang menjadi favorit anda.

• Jika anda terlintas pikiran untuk membunuh diri, maka segera tepis pikiran itu dan menghubungi orang sekitar. Mengobrol lah tentang hal yang menyenangkan dengan mereka meskipun hanya melalui telfon, karena dengan hal itu akan membuat anda tidak merasa sendirian. Atau jika mereka tidak sibuk maka ajaklah mereka untuk berkunjung ke tempat anda atau pun anda bisa mengakses situs https://homebet88.online untuk bermain game online, supaya anda memiliki kesibukan dan tidak memikirkan hal-hal yang aneh.

• Melakukan hal lain yang bisa mengalihkan pikiran dari hal negatif. Anda bisa melakukan hobi untuk menghibur diri atau bahkan pergi ke salon untuk merawat diri anda.

• Jauhi benda yang bisa membuat anda berpikiran untuk menyakiti dirri anda di rumah. Jangan biarkan benda seperti pisau, gunting, silet, ataupun benda tajam lainnya berada di sekitar anda.

• Mulai mengubah pola pikir dengan cara membuang semua pikiran negatif yang selama ini pernah ada karena pikiran negatif hanya akan memperkeruh suasana hati Anda.

• Mulai untuk mencoba menulis tujuan hidup anda kedepannya, cita-cita, jadwal harian, serta larangan untuk menyakiti diri sendiri. Hal ini akan membantu anda untuk selalu mengingat dan mulai bersemangat agar dapat melakukan hal positif.

• Selalu memberikan motivasi yang positif kepada diri sendiri sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

Peran Orang Tua Untuk Mencegah Bunuh Diri Pada Anak
Artikel Blog Informasi

Peran Orang Tua Untuk Mencegah Bunuh Diri Pada Anak

Peran Orang Tua Untuk Mencegah Bunuh Diri Pada Anak – Upaya bunuh diri dapat dilakukan siapapun, tak mengenal status sosial ataupun usia. Penyebabnya tak lain adalah gangguan kesehatan mental atau depresi akibat banyaknya masalah yang dihadapi. Pada remaja yang sedang mengalami masa transisi biasanya lebih beresiko untuk memiliki pemikiran melakukan bunuh diri karena pikiran mereka yang masih labil. Akan berakibat fatal apabila anak yang sudah memiliki pikiran untuk bunuh diri tidak segera ditangani.

Setiap tahunnya kasus bunuh diri pada remaja selalu mengalami peningkatan. Beragam cara dilakukan remaja dalam upaya bunuh diri ini. Ada yang dengan cara cutting atau menyayat tubuhnya sendiri, gantung diri, hingga menjatuhkan diri dari ketinggian. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengawasan dan kepedulian keluarga atau orang terdekat.
Peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak. Orang tua merupakan pelindung utama bagi anak dan seharusnya dapat menampung segala keluh kesah anak. Namun, pada nyatanya masih banyak orang tua yang abai dan menyepelekan keluhan anak mereka. Tanpa mereka sadari bahwa sebenarnya hal tersebut dapat mengancam kesehatan mental sang anak. Pada kasus bunuh diri pada remaja, hal yang utama adalah mendeteksi faktor penyebab. Orang tua dapat melakukan hal-hal berikut untuk dapat mengetahui perasaan dan apa yang sebenernya sedang dialami oleh anaknya.
• Menyempatkan waktu untuk mendengarkan cerita anak tentang hari-hari mereka. Ajak anak untuk sharing dan menceritakan masalah mereka. Gunakan pendekatan uang friendly agar anak tidak merasa tertekan
• Sempatkan waktu untuk mengajak anak keluar untuk menghibur diri. Tidak perlu ke tempat jauh dan mahal, cukup ke tempat terdekat yang sekiranya mampu membuat anak senang.
• Beri anak pembekalan tentang ilmu agama agar hidupnya tidak menyimpang dengan keyakinannya. Pembekalan ilmu agama akan membantu meningkatkan kesadaran diri pada anak. Mereka akan berpikir untuk taat kepada perintah Tuhan dan melakukan hal-hal kebaikan.
• Beri anak pembekalan mengenai kesehatan mental, cara mengatasi masalah, dan motivasi untuk membuat pemikiran anak mengarah kepada hal yang positif. Sebagai orang tua harus mampu memberikan nasihat-nasihat yang bermanfaat untuk diterapkan di kehidupan anak.
• Orang tua harus mengikuti perkembangan zaman agar tahu cara mengasuh anak yang tepat
• Orang tua harua melek teknologi agar dapat mengawasi lingkup pergaulan anak. Hal ini dapat melalui pemeriksaan gadget atau stalking media sosial anak.

Apabila anak anda sudah menunjukkan tanda-tanda mencurigakan seperti sering murung, melamun, tampak sedih, dan lebih suka menyendiri, anda harus melakukan pendekatan yang lebih. Apabila anak sudah mulai membicarakan tentang bunuh diri, maka orang tua harus meningkatkan kewaspadaan mereka. Orang tua bisa meminta bantuan orang yang dianggap ahli seperti psikolog atau psikiater untuk membantu penanganan masalah.

Pertama-tama terlebih dahulu ajak anda untuk datang ke psikolog. Berusahalah untuk membuat anak relax dan tidak takut untuk datang ke psikolog. Psikolog akan membantu anda untuk mendeteksi permasalahan apa yang sedang dialami anak anda sehingga mempunyai pikiran untuk bunuh diri dan cara penanganannya. Apabila penanganan dari psikolog belum cukup, maka orang tua bisa membawa anak untuk ke psikiater untuk mendapatkan obat dan pengobatan lebih lanjut.

Selain itu, tetap awasi pergaulan anak karena remaja memang cendenrung menutupi masalah mereka. Pastikan mereka tetap dalam jalur pergaulan yang baik dan tidak mempengaruhi anak ke hal negatif. Demikian, semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan.

Peran Pendidik Untuk Mencegah Upaya Bunuh Diri
Artikel Blog Kritik & Saran

Peran Pendidik Untuk Mencegah Upaya Bunuh Diri

Masih hangat diingatan kita, kasus yang masih hangat dibicarakan yaitu seorang siswi Sekolah Menengah Pertama yang melakukan bunuh diri dengan meloncat dari gedung sekolah. Berita ini tentu membuat kita bertanya-tanya, bagaimana bisa di lingkungan sekolah dapat terjadi hal seperti tersebut. Dalam benak kita pasti menganggap sekolah adalah tempat yang aman untuk anak-anak belajar. Padahal, sebenarnya kita juga belum tahu secara pasti apa penyebab bunuh diri tersebut dapat dilakukan di sekolah.

Seperti yang kita ketahui bahwa usia remaja merupakan usia yang rentan. Untuk itu diperlukan perhatian khusus untuk pengendalian para remaja. Banyak faktor yang menyebabkan upaya bunuh diri remaja dari tahun ke tahun semakin meningkat. Faktor-faktor tersebut seperti adanya bullying, remaja introvert sehingga memendam semua permasalahan yang dihadapi sendiri, serta pengaruh media sosial dalam perkembangan mental remaja. Pemikiran untuk mencoba melakukan bunuh diri ini dapat muncul kapan saja.

Banyak cara yang dapat dilakukan mengurangi angka bunuh diri pada remaja. Salah satunya adalah memaksimalkan peran sekolah. Peran sekolah terutama guru BK sangat penting untuk upaya pencegahan bunuh diri. Kerja sama Guru Bimbingan Konseling dengan situs 31.172.89.62 membantu mencarikan solusi sebagai jalan keluar permasalahan yang dihadapi siswa. Ada beberapa hal yang harus dilakukan guru BK untuk mencari solusi permasalahan siswa dalam upaya pencegahan bunuh diri :

Mendeteksi Permasalahan Siswa

Pendeteksian permasalahan yang dihadapi siswa dapat dilakukan dengan cara melakukan konseling pribadi. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membuat jadwal konseling untuk para siswa. Buatlah diri anda menjadi orang yang enak untuk diajak komunikasi oleh anak yang notabennya sudah menginjak usia remaja. Konseling pribadi ini dapat dilakukan secara tatap muka ataupun dengan media smartphone sesuai dengan kesepakatan yang sudah dibuat.

Selain dilakukan dengan cara langsung melakukan konseling pribadi, mendeteksi permasalahan siswa dapat dilakukan dengan cara memberikan kuisioner kepada siswa. Ketika siswa sudah melakukan pengisian terhadap kuisioner yang anda beri, maka anda sebagai guru BK dapat menyimpulkan permasalahan apa yang sedang dihadapi oleh siswa.

Memberikan Solusi Dan Motivasi Untuk Siswa

Setelah melakukan pendeteksian terhadap masalah yang sedang dialami siswa, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memberikan solusi. Tak perlu memberikan solusi yang terlalu banyak dalam seketika, berikan solusi secara perlahan dan dapat diterapkan anak dengan baik. Hindari menggunakan nada tinggi agar solusi anda dapat diterima dengan baik oleh siswa. Sebaiknya pemberian solusi ini dilakukan secara tatap muka dan pribadi, hanya antara guru dan siswa yang akan diberi solusi. Hal ini bertujuan agar siswa tidak malu dan merasa masalahnya dibeberkan ke pihak lain.

Selain memberikan solusi, sebagai guru BK yang baik anda juga harus dapat memberi motivasi untuk membangkitkan semangat siswa. Pemberian motivasi ini juga berfungsi agar siswa dapat menghilangkan pikiran negatif yang selama ini mereka miliki.

Menghubungi Keluarga Siswa untuk Bekerja Sama Menghadapi Masalah Yang Dihadapi Siswa

Keluarga merupakan pihak pertama yang berperan untuk siswa. Oleh karena itu, sebaiknya guru BK mengkonsultasikan permasalahan yang dihadapi siswa dengan keluarga terutama orang tua. Hal ini akan membuat penangan masalah siswa semakin mudah karena adanya pihak terdekat siswa yang membantu. Sebagai guru BK harus mampu menyampaikan hal tersebut dengan baik kepada orang tua siswa sehingga tidak mengakibatkan salah persepsi yang malah dapat membahayakan siswa tersebut.

Terapi Yang Tepat Untuk Mencegah Bunuh Diri
Artikel Blog

Terapi Yang Tepat Untuk Mencegah Bunuh Diri

Sudah jutaan ornag di dunia ini yang memilih menyelesaikan masalah dengan cara mengakhiri hidup. Banyak faktor yang melatarbelakangi mereka memilih untuk melakukan bunuh diri, seperti merasa sendiri, beban masalah yang menumpuk, rasa bersalah yang tidak kunjung hilang, hingga akhirnya mereka menjadi depresi dan memilih mengakhiri hidupnya. Banyak cara yang dilakukan agar kasus bunuh diri dapat berkurang, seperti penggunaan obat anti depresan. Namun, penggunaan obat ini tidak bisa sepenuhnya menghilangkan keinginan seseorang untuk melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, berikut ini adalah terapi yang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan pikiran untuk melakukan bunuh diri.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk mengurangi gangguan mental. Meditasi dapat menstabilkan kembali detak jantung dan aliran darah yang meningkat karena mengalami stres dan banyak tekanan. Ada banyak manfaat meditasi untuk kesehatan secara emosional, seperti membuat kesadaran diri meningkat, membuat fokus meningkat, mengurangi emosi yang membawa dampak negatif, serta melatih kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan melihat permasalah dari sisi yang lain atau sisi baiknya.
Meditasi sebenarnya dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, tergantung pada pribadi masing-masing, yang penting tetap dapat fokus. Berikut ini adalah cara mudah untuk anda melakukan meditasi

• Awali dengan tarik napas dalam-dalam secara perlahan, lakukan berulang-ulang.
• Mulai fokuskan pikiran anda dan hilangkan sejenak pikiran tentang hal negatif dan permasalahan anda.
• Sembari terus mengatur nafas anda, rasakan aliran darah di setiap bagian tubuh. Tetap fokus dan nikmati setiap aliran darah anda.
• Untuk menjaga tetap fokus, anda bisa dengan melakukan doa, bacaan, atau menyebut sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
• Untuk anda yang baru mencoba melakukan meditasi, lebih baik lakukan dengan cara duduk bersila dan menutup mata. Setelah terbiasa melakukan meditasi, anda bisa melakukan sembari berjalan, menunggu antrian, atau waktu luang lainnya.
• Lakukan meditasi secara rutin. Jika anda adalah orang yang mempunyai banyak kegiatan, tidak harus melakukannya setiap hari, anda bisa melakukan meditasi ini dua atau tiga hari sekali.

Psikoterapi ECT

Psikoterapi merupakan metode yang digunakan untuk menangani gangguan kejiwaan. Psikoterapi biasanya dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan pasien secara lisan untuk mengetahui permasalahan mereka dan menemukan solusi yang tepat. Psikoterapi untuk menangani percobaan sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Trancranial Magnetic Stimulation (TMS)
Proses terapi TMS menggunakan Medan magnet untuk menstimulasi sel yang ada di otak untuk menyembuhkan depresi. TMS dinilai sebagai metode dengan tingkatan invasi paling rendah karena terapi tanpa melakukan kegiatan operasi dan pembiusan. Terapi ini dilakukan dengan meletakkan kumparan elektromagnetik di ubun-ubun. Kumparan tersebut akan menghasilkan arus listrik tanpa membuat anda merasa sakit dan akan menstimulasi sel saraf di otak yang terganggu akibat depresi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapi ini perlu dilakukan beberapa kali.
Elektroconvulsive Therapy (ECT)
ECT atau terapi kejut listrik ini diawali dengan melakukan anastesi dan membuat pasien relaks terlebih dahulu. Lalu, akan dipasang elektroda di kepala yang akan mengalirkan listrik. Gelombang listrik ini akan terjadi selama kurang lebih 8 detik dan akan membuat pasien terkejut, tetapi tidak merasa sakit karena sudah dianastesi sebelumnya. Efek dari terapi ini adalah pasien akan hilang ingatan sementara.

Hal ini berguna agar pasien dapat melupakan segalan pikiran negatifnya.
Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu psikoterapi menggunakan metode TMS dan ECT bukan merupakan cara pertama yang harus dilakukan untuk penanganan pasien yang ingin melakukan bunuh diri. Pengobatan pertama adalah dengan menggunakan obat anti depresan. Apabila obat ini sudah dikonsumsi selama 2-4 tetapi tidak membuahkan hasil maka psikoterapi ini boleh dilakukan.

Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi
Arsip Artikel Blog Informasi Kritik & Saran

Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi

Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi – Bunuh diri merupakan jalan pintas yang sering dipilih untuk mengakhiri masalah hidup. Mereka yang memilih jalan dengan coba mengakhiri hidupnya ini berpikiran bahwa dengan melakukan hal tersebut masalah yang dihadapinya selesai. Terkadang orang yang memiliki pikiran ingin bunuh diri adalah orang yang merasa dirinya sendirian. Jika kalian sedang dalam masalah, maka usahakan jangan pernah sekalipun terpikirkan untuk bunuh diri. Karena, sekali saja kalian berpikiran untuk bunuh diri, maka keinginan untuk itu akan selalu muncul. Jika kalian menghadapi masalah dan merasa tidak ada yang dapat mengerti keadaan kalian :

1. Ceritakan Masalah Kalian Pada Orang Yang Anda Percaya
Menceritakan masalah akan membuat kalian merasa lebih tenang. Kalian bisa membagi cerita ke orang tua atau sahabat dekat kalian. Pilihlah orang-orang yang benar-benar kalian percaya. Mereka akan memberi kalian sedikit pencerahan agar kalian menjadi lebih tenang dan mampu berpikir jernih untuk mencari jalan keluar masalah kalian.

Apabila kalian merasa membutuhkan bantuan orang lain yang lebih terpercaya, maka kalian bisa mendatangi psikiater. Melalui bantuan psikiater, kalian bisa dibantu untuk meringankan beban kalian dalam menghadapi masalah. Hilangkan rasa ragu untuk bercerita tentang masalah kalian ketika kalian datang ke psikiater, karena psikiater pasti akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang kalian hadapi dan memberikan solusi yang terbaik.

2. Menonton Video Motivasi
Untuk kalian yang merasa belum terlalu percaya pada orang lain untuk kalian jadikan tempat cerita atau merasa belum puas terhadap respon yang diberikan sekitar kalian, maka kalian bisa mencoba cara ini. Menonton video motivasi akan menambah semangat anda untuk menghadapi masalah. Melalui cara ini, kalian dapat menonton sembari merenung agar kalian mendapat ide untuk melakukan langkah selanjutnya dalam menyelesaikan masalah. Banyak sekali video motivasi yang bisa anda lihat melalui situs kongbet.net.

3. Membuat To Di List
To do list ini akan mengatur jadwal kegiatan kalian. Kalian bisa menulis secara rinci apa saja rencana kegiatan kalian sehari-hari, serta pukul berapa kalian akan melaksanakannya dalam sebuah blocknote yang mudah kalian bawa kemana-mana atau di sticky notes yang kalian tempel di tempat yang sering kalian kunjungi di rumah. Membuat to do list harian ini akan membuat kalian lebih mampu untuk memanfaatkan waktu dan mengerjakan hal positif daripada melamun. Karena jika kalian lebih banyak berdiam diri dan melamun, pasti pikiran jelek untuk mencoba bunuh diri karena lelah menghadapi masalah akan selalu muncul.

Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkumpul Dengan Teman
Berkumpul dengan teman akan membantu kalian melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapi. Kalian bisa bertukar pendapat dengan teman yang kalian punya mengenai apa yang mengganjal dalam diri kalian. Berkumpul dengan teman akan membuat kalian lebih tenang dan tidak merasa sendirian. Tentunya kalian juga harus dapat memilih mana teman yang memberi energi positif pada diri kalian sehingga tidak menimbulkan hal yang lebih buruk kedepannya.

Pada dasarnya semua masalah pasti memiliki solusi. Hanya saja, kita harus selalu berusaha untuk menjaga pikiran kita agar ketika mendapat masalah tidak mudah untuk menyerah dan mengambil jalan pintas dengan melakukan percobaan bunuh diri. Jangan pernah merasa putus asa dan tidak mempunyai siapa-siapa. Semoga tips di atas bermanfaat. Tetap semangat dalam menjalankan hari-hari kalian. Buang semua pikiran negatif agar tidak semakin menambah runyam permasalahan yang sedang kalian hadapi.

Mengenal Orang yang Berpotensi Melakukan Bunuh Diri Guna Menghindari Hal-Hal yang Tidak Diharapkan
Blog

Mengenal Orang yang Berpotensi Melakukan Bunuh Diri Guna Menghindari Hal-Hal yang Tidak Diharapkan

Robert Williams, Kurt Cobain, Kate Spade dan Chester Bennington merupakan orang terkenal dan sukses di dunia yang memutuskan mengakhiri hidupnya dengan cara bunuh diri. Melihat tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh orang-orang ternama tersebut, Anda pastinya pernah berpikir mengenai alasan mengapa mereka melakukan tindakan bunuh diri meskipun hidup bergelimang harta. Bunuh diri sendiri tidak termasuk ke dalam masalah mental. Bunuh diri merupakan hasil akhir dari penyakit mental yang disebabkan oleh depresi, kegelisahan yang berlebih, stress, gangguan post-trauma atau kelainan bipolar. Dengan berwaspada akan gejala bunuh diri, Anda akan mengetahui dengan jelas akar penyebab seseorang yang ingin melakukan bunuh diri.

Mengenal orang yang berpotensi melakukan bunuh diri menjadi tindakan paling tepat yang dapat Anda lakukan guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kematian misalnya. Orang yang berkeinginan untuk melakukan Bunuh Diri dapat ditemukan pada orang yang mengalami depresi. Mereka yang mengalami depresi tidak memiliki harapan akan situasi yang sedang dihadapinya. Ketiadaan harapan membuat seseorang memiliki pemikiran yang negatif akan masa depan. Hal inilah yang membuatnya berkeinginan untuk menuntaskan kehidupannya dengan melakukan bunuh diri. Selain merasa tidak memiliki harapan, berikut ini merupakan orang-orang yang memiliki potensi untuk melakukan bunuh diri:

1. Memiliki perasaan senang dan sedih yang ekstrem
Perasaan hati yang tidak menentu dapat menjadi alasan seseorang melakukan bunuh diri. Rasa senang dan rasa sedih yang berlebih yang dirasakan seseorang perlu untuk Anda waspadai. Apalagi jika seseorang tersebut merasakan perasaan sedih yang ekstrem, orang tersebut nantinya akan memiliki tingkat stress yang tinggi dan membuatnya terdorong untuk melakukan aksi bunuh diri.

2. Perubahan penampilan dan kepribadian
Ketika Anda menemukan seseorang yang memiliki penampilan dan kepribadian yang berubah, Anda dapat bertindak waspada kepada orang tersebut. Apalagi jika kepribadiannya berubah menyukai hal-hal kekerasan, Anda harus melakukan pendekatan kepada orang yang berubah kepribadian dan penampilan agar tidak menjadi salah satu korban bunuh diri.

Orang-orang yang gemar menyakiti diri sendiri dan merasakan perasaan terisolasi dari orang lain menjadi orang yang berpotensi melakukan aksi bunuh diri. Orang-orang yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol dan obat-obatan yang berlebih, berkendara dan melakukan hubungan seksual yang tak aman merupakan tindakan menyakiti diri sendiri. Orang-orang ini tidak memiliki kepedulian akan keselamatan diri dan cenderung tidak menghargai akan kehidupan yang mereka miliki. Orang-orang yang merasa terisolasi merupakan pihak yang tidak ingin berhubungan dengan orang lain dan acuh akan aktifitas publik. Akibat sikap acuh ini, orang tersebut tidak memiliki ketertarikan akan hal-hal tertentu dan merasa bahwa hidupnya terasa membosankan dan tidak bekeinginan untuk melanjutkan hidup yang tak ada artinya.

Cara Mudah Menangkal Tindakan Bunuh Diri
Blog

Cara Mudah Menangkal Tindakan Bunuh Diri

Pernahkan Anda mendengar kabar tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh penyanyi terkenal asal luar negeri yang bernama Tommy Page? Hingga saat ini, alasan mengapa seorang Tommy Page melakukan bunuh diri masih belum jelas. Jika Anda memperhatikan akan tindakan bunuh diri yang dilakukan oleh Tommy Page, Anda akan mengetahui bahwa bunuh diri menjadi momok terbesar yang terjadi di industri hiburan. Tommy Page bukan menjadi seniman dunia pertama yang meninggal akibat bunuh diri. Sebelum menemukan kasus Tommy Page, musisi bernama Kurt Cobain lebih dahulu ditemukan meninggal dunia akibat bunuh diri. Yang paling menggemparkan dunia hiburan adalah berita meninggalnya Robin Williams akibat bunuh diri. Dilihat dari banyaknya kasus mengenai bunuh diri, bunuh diri menjadi penyebab kematian yang tinggi.

Di Indonesia sendiri, kematian akibat bunuh diri mencapau 10.000 jiwa/ tahun. Mereka yang ingin melakukan tindakan bunuh diri sangat sulit untuk diprediksi. Meskipun tidak mudah untuk memprediksi tindakan bunuh diri, Anda dapat mengurangi jumlah korban bunuh diri selama peka terhadap keadaan dan lingkungan sekitar. Anda dapat pula melakukan penangkal bunuh diri dengan mudah melalui tindakan di bawah ini:

1. Menebarkan harapan
Menebarkan harapan harus dilakukan dengan cara yang tulus. Anda dapat memberikan arahan bahwa penderotaan hanya bersifat sementara dan akan membaik pada waktunya. Harapan untuk terus hidup tentunya akan dimiliki oleh mereka yang berkeinginan untuk melakukan bunuh diri setelah mendapatkan sebuah harapan dari orang-orang yang menguatkannya.

2. Rajin mendengar
Mengenal lingkungan sekitar dapat membantu Anda untuk menilai ekspresi orang lain. Dengan mendengarkan bagaimana orang lain berbicara, Anda dapat menangkap emosi yang dimiliki oleh orang tersebut. Jika Anda menangkap hal ganjil dan melihat bahwa pembicaraan orang lain berpotensi melukai diri sendiri, simak dengan baik sehingga Anda dapat melihat beberapa kalimat yang tersirat dari pembicaraan orang lain.

3. Peduli terhadap sesama
Bagi orang yang pernah memiliki keinginan melakukan bunuh diri atau mereka yang selamat dari tindakan dari bunuh diri pastinya mengetahui dengan jelas bahwa kepedulian dari keluarga dan kerabat menjadi hal penting yang mereka butuhkan. Menghilangkan sifat menyalahkan bagi korban bunuh diri menjadi cara lain yang dapat Anda lakukan guna mengurangi jumlah tindakan bunuh diri.

Secara garis besar, bunuh diri merupakan tragedi yang akan meninggalkan penderitaan bagi korban bunuh diri yang selamat. Korban bunuh diri yang selamat merasakan dengan jelas akan emosinya yang tidak stabil. Karena itulah, kepedulian terhadap sesama dipercaya mampu membantu korban bunuh diri yang selamat untuk sembuh kembali menjadi manusia normal lainnya. Anda harus menjadi bagian orang-orang yang peduli kepada orang lain sehingga tindakan bunuh diri dapat dihindarkan.

Mencegah Bunuh Diri dengan Mengenal Tanda-Tandanya
Uncategorized

Mencegah Bunuh Diri dengan Mengenal Tanda-Tandanya

Menghadapi orang yang ingin melakukan bunuh diri bukanlah perkara mudah. Rasa panik menjadi hal biasa yang akan kita rasakan ketika berhadapan dengan orang-orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri. Berpikiran jernih menjadi hal wajib yang harus kita miliki ketika berhadapan dengan mereka yang akan melakukan aksi bunuh diri. Hal tersebut dilakukan guna memberikan rasa nyaman bagi pelaku bunuh diri. Jika kita memperhatikan dengan seksama, orang yang berkeinginan melakukan aksi bunuh diri merupakan sosok yang sedang mencari pertolongan. Mereka yang melakukan aksi bunuh diri secara tidak langsung memberikan informasi kepada kita bahwa ia memiliki masalah yang tidak dapat dihadapi seorang diri. Orang-orang yang ingin melakukan aksi bunuh diri membutuhkan uluran tangan kita untuk membantunya mengatasi masalah yang mereka hadapi.

Tidak menganggap sepele pembicaraan yang berkaitan dengan bunuh diri merupakan pencegahan pertama yang dapat kita lakukan untuk mencegah bunuh diri. Kita harus mendengarkan dengan baik segala hal pembahasan yang dibicarakan oleh orang lain, khususnya jika orang tersebut menunjukkan tanda-tanda yang aneh dan membahayakan. Tanda-tanda aneh tersebut dapat dilihat ketika seseorang berangan-angan untuk meninggal, memiliki perubahan perasaan yang tiba-tiba, mengharapkan untuk segera meninggal dan sering kali mengucapkan perpisahan seakan-akan tidak akan pernah bertemu kembali. Ketika kita menemukan tanda-tanda tersebut, tidak ada salahnya jika kita bertanya mengenai kesulitan yang sedang dihadapinya.

Menurut Psikolog dari, ada cara lain yang dapat kita lakukan untuk mengurangi kemungkinan seseorang melakukan aksi bunuh diri:

Mencegah Bunuh Diri dengan Mengenal Tanda-Tandanya
  1. Menjauhkan dari benda-benda yang dianggap membahayakan
    Benda-benda yang membahayakan menjadi alat yang banyak digunakan oleh mereka yang ingin melakukan bunuh diri. Pisau, senjata dan obat serangga menjadi benda-benda yang dapat digunakan untuk melakukan bunuh diri.
  2. Menyarankan untuk berkonsultasi kepada terapis
    Ketika kita melihat bahwa seseorang menunjukkan tanda-tanda bunuh diri yang tinggi, kita harus mendorong orang tersebut untuk mengunjungi terapis.
  3. Menjadi pendengar yang baik
    Orang yang ingin melakukan bunuh diri memerlukan seorang teman yang bersedia mendengarkan keluh kesahnya. Kita dapat menjadi seorang pendengar yang baik agar keinginan melakukan bunuh diri dapat ditekan.
  4. Tetap melakukan komunikasi
    Orang yang gemar menyendiri merupakan salah satu tanda bahwa orang tersebut memiliki kecenderungan untuk melakukan bunuh diri. Kesendirian yang mereka rasakan membuatnya merasa jenuh dan dianggap tidak dibutuhkan. Guna mengurangi rasa kesendirian, kita sebaiknya selalu melakukan komunikasi kepada orang-orang yang memiliki kecenderungan melakukan aksi bunuh diri. Tidak harus berkomunikasi secara langsung, mengirim pesan dan bertelepon menjadi jenis komunikasi yang dapat kita lakukan guna mengurangi rasa kesepian. Selama kita mengetahui tanda-tanda orang yang berkeinginan melakukan bunuh diri, kita dapat membantu mengurangi jumlah pelaku bunuh diri yang berada di sekitar kita.
Pencegahan Aksi Bunuh Diri pada Suatu Komunitas
Blog

Pencegahan Aksi Bunuh Diri pada Suatu Komunitas

Bunuh diri merupakan tindakan merugikan yang banyak dilakukan oleh mereka yang memiliki tingkat stress tinggi. Banyak korban bunuh diri yang merasa bahwa masalah yang mereka hadapi tidak dapat diselesaikan dengan baik dan menemui jalan buntu sehingga memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Ketika membahas mengenai aksi bunuh diri, tindakan merugikan tersebut tidak hanya berdampak pada pelaku bunuh diri melainkan juga berpengaruh kepada orang lain. Tidak memandang jenis kelamin dan usia, aksi bunuh diri dapat dilakukan oleh siapa saja. Bunuh diri sendiri menjadi penyebab kematian yang tinggi di berbagai negara. Aksi bunuh diri tidak hanya dapat dicegah secara perorangan tetapi dapat juga dilakukan oleh suatu komunitas. WHO atau organisasi kesehatan dunia memiliki peranan yang sangat penting dalam mencegah aksi bunuh diri.

Sebagai organisasi kesehatan dunia, WHO memberikan arahan kepada warga dunia untuk mencegah aksi bunuh diri. Di dalam organisasi kesehatan ini, ada banyak komunitas yang tergabung dan berperan aktif dalam melakukan pencegahan terhadap tindakan bunuh diri. Berikut ini merupakan beberapa pencegahan aksi bunuh diri yang disarankan oleh komunitas-komunitas yang tergabung ke dalam WHO:
• Membatasi pelaku terhadap sarana melakukan bunuh diri. Senjata api, pestisida dan racun merupakan beberapa sarana yang kerap kali digunakan untuk melakukan aksi bunuh diri.
• Melakukan perbaikan terhadap akses perawatan kesehatan seperti perawatan kesehatan mental.
• Memberikan pendidikan kepada masyarakat mengenai penyakit jiwa, aksi bunuh diri dan penyalahgunaan obat.
• Memberikan dukungan kepada mereka yang merasa berduka atas aksi bunuh diri.
• Mencari kelompok pendukung dan memberikan pemahaman bahwa mereka yang ingin melakukan aksi bunuh diri tidak sendirian di dunia ini.

Para korban bunuh diri memiliki kecenderungan untuk menutup diri. Untuk mengurangi jumlah pelaku bunuh diri, komunitas bukan satu-satunya tempat yang dapat digunakan untuk menekan jumlah aksi bunuh diri. Sebagai orang yang peduli terhadap lingkungan, kita juga dapat berperan sebagai salah satu tokoh yang mengurangi jumlah pelaku bunuh diri. Salah satu hal yang dapat kita lakukan adalah dengan peduli terhadap sesama. Orang yang gemar menutup diri sebaiknya kita rangkul dan kita ajak untuk melakukan pembicaraan. Dengan melakukan interaksi, mereka yang berniat melakukan bunuh diri tidak akan merasa sendirian. Mereka akan menyadari bahwa masih banyak orang yang peduli terhadapnya dan mampu memberikan masukan atas masalah yang mereka hadapi. Semangat juang untuk terus hidup akan dimiliki oleh orang yang berkeinginan melakukan bunuh diri akibat keterlibatan orang lain di kehidupannya. Cara lain yang dapat kita lakukan adalah dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Ketika kita menemukan orang-orang yang bertindak aneh, jangan ragu untuk mendekatinya dan ajak untuk bercengkrama serta mendengarkan keluh kesah yang mereka rasakan.

Langkah Tepat Pencegahan Bunuh Diri Bagi Penderita Depresi
Blog

Langkah Tepat Pencegahan Bunuh Diri Bagi Penderita Depresi

Kasus bunuh diri bukan lagi menjadi kasus yang sukar untuk ditemui. Perilaku yang melanggar norma agama ini banyak dilakukan oleh mereka yang mengidap depresi. Banyaknya jumlah pelaku bunuh diri akibat depresi menjadi tanggung jawab kita bersama, terutama bagi mereka yang berada dekat dengan orang-orang yang melakukan aksi bunuh diri. Depresi sendiri menjadi pemicu aksi bunuh diri yang banyak terjadi. Tingkat depresi yang tinggi dan suasana hati yang berada pada titik terendah menjadi pemicu kuat seseorang melakukan aksi bunuh diri.

Berikut ini penjelasan dari tentang tanda-tanda seseorang yang mengalami depresi:
• Penurunan suasana hati yang sering terjadi pada setiap waktu. Mereka yang mengalami kondisi tersebut mudah tersinggung dan mudah merasa sedih.
• Hilangnya minat akan semua hal.
• Memiliki rasa bersalah yang berlebih.
• Menurunnya kemampuan untuk memutuskan suatu hal.
• Sering memikirkan kematian secara terus-menerus.
• Mengalami masalah tidur, baik insomia maupun hipersomnia.
• Badan terasa lemas dan mudah merasa lelah.
Meskipun depresi dan aksi bunuh diri tidak dapat dipisahkan, kita dapat mengurangi keinginan seseorang untuk melakukan bunuh diri. Memberikan dukungan agar orang yang ingin melakukan bunuh diri tetap terhubung dengan orang lain menjadi langkah tepat yang dapat kita lakukan. Seperti yang kita ketahui, mereka yang ingin melakukan bunuh diri memiliki kebiasaan menjauhkan diri dari orang lain. Padahal, orang yang berkeinginan melakukan bunuh diri membutuhkan dukungan dari orang lain sehingga mereka tidak merasa kesepian. Tingkat depresi akan berkurang selama orang-orang melakukan komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Depresi juga dapat dikurangi dengan cara melakukan aktifitas fisik. Kita dapat mengajak orang yang depresi untuk melakukan aktifitas fisik guna menghindari aksi bunuh diri. Olahraga merupakan obat pereda depresi alami yang baik dilakukan setiap harinya. Guna meningkatkan dampak dari olahraga, kita dapat mengajak orang lain untuk melakukan olahraga bersama sehingga orang yang depresi dapat melakukan komunikasi dengan orang banyak.

Langkah Tepat Pencegahan Bunuh Diri Bagi Penderita Depresi

Melakukan terapi menjadi cara lainnya yang dapat dilakukan untuk mengurangi depresi. Sebelum melakukan terapi, mencari tahu penyebab dari depresi merupakan hal bijak yang dapat dilakukan. Depresi dapat terjadi akibat kesulitan ekonomi, beban kerja yang terlalu berat dan masalah hubungan dengan orang lain. Dengan melakukan terapi, tekanan terhadap penyebab depresi dapat diatasi. Depresi yang berkurang membuat kemungkinan bunuh diri berkurang. Cara lainnya yang dapat mengurangi depresi dan membuat aksi bunuh diri ditekan adalah dengan mengkonsumsi sumber makanan sehat. Kurangnya asupan makanan yang mengandung vitamin B dan asam folat menjadi alasan seseorang mengalami depresi. Dengan mengkonsumsi sumber makanan yang mengandung vitamin B dan asam folat menjadi langkah tepat yang dapat kita informasikan kepada mereka yang ingin melakukan aksi bunuh diri.

Cara Lain Mengatasi Masalah Selain Bunuh Diri
Blog

Cara Lain Mengatasi Masalah Selain Bunuh Diri

Setiap orang pastilah pernah mengalami sebuah masalah, dimana masalah itu bisa saja berupa masalah kecil ataupun masalah yang besar. Namun setiap orang memiliki cara tersendiri untuk mengatasinya, namun ada juga orang yang tidak mampu mengatasi masalahnya dan menggunakan bunuh diri sebagai jalan keluarnya.

Sesungguhnya seberat apapun masalah itu selalu ada jalan keluarnya, hanya dari mana anda melihatnya. Sudut pandang orang yang memiliki pikiran positif selalu berprasangka buruk, dan disini anda perlu memposisikan diri agar berada di sudut pandang positif. Anda bisa meminta bantuan kepada orang lain, karena sejatinya manusia adalah makhluk sosial dan tidak bisa hidup sendirian.
Untuk membantu anda menemukan solusi lain selain bunuh diri, berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk memecahkan masalah.

1. Hilangkan pandangan negatif
Dengan berfikir negatif, tentu anda akan semakin terpuruk dan dihantui ketidak sanggupan dalam menyelesaikan masalah. Semakin anda terpuruk maka keinginan untuk mengakhiri hidup akan semakin besar, dan ada baiknya bila anda berusaha untuk selalu berfikir positif.
Ketika anda berada dalam pikiran positif, anda akan bisa meneliti masalah anda. Memperhatikan secara detail dari mana masalah itu muncul, dan bagaimana cara mengakhirinya. Selain itu, dalam pikiran positif anda akan mampu mensyukuri dengan adanya kejadian itu.

2. Minta bantuan orang lain
Meminta bantuan orang lain bukanlah hal yang salah, anda bisa membagikan masalah anda kepada orang yang anda percayai. Pastikan orang yang anda bagika masalah anda ini merupakan orang yang memiliki pikiran positif, sehingga anda juga ikut memiliki pandangan positif dari  dalam mengalasi masalah itu.

3. Tenangkan hati dan pikiran
Memang bukanlah hal yang mudah ketika berusaha untuk menenangkan hati dan pikiran saat dirundung masalah, namun dengan melakukan hal ini maka jalan keluar dari masalah anda semakin lebar. Bila perlu cobalah untuk melakukan ibadah, meminta bantuan pada sang pencipta. Dengan begitu anda akan merasakan tenang dan damai, masalah anda pun bisa anda selesaikan dengan mudah.

4. Terus berusaha dan tidak putus asa
Putus asa merupakan alasan utama banyak orang mengakhiri hidupnya sebagai solusi, dan ini merupakan pemikiran yang terlalu rendah. Anda bisa terus berusaha untuk mengatasi masalah anda, karena setiap masalah pasti ada penyebabnya. Cobalah untuk mencari tahu apa penyebab dari masalah itu, maka anda bisa mengatasinya hingga tuntas dan keinginan untuk bunuh diri pasti akan hilang.

Demikianlah tips yang bisa kami bagikan, semoga penjelasan kami diatas bisa anda terima dengan jelas. Sesungguhnya setiap orang pernah mengalami masalah, dan semakin banyaknya masalah yang dihadapi pastilah semakin besar pengetahuan kita dalam mengatasinya. Bila anda perhatikan, hampir setiap orang yang sukses pasti bermula dari menemukan sebuah masalah dan mampu mengatasinya.

Kehidupan Kelam Setelah Anda Bunuh Diri
Blog

Kehidupan Kelam Setelah Anda Bunuh Diri

Ketika seseorang sedang menghadapi cobaan dalam hidupnya, sebagian orang mengambil jalan pintas yang dianggap tepat untuk mengatasi masalahnya dengan cara bunuh diri. Nyatanya bunuh diri bukanlah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah, bahkan dalam agama islam tindakan ini merupakan dosa yang amat besar.
Hal ini dikuatkan dengan adanya firman Allah SWT yang memiliki arti berikut:

“Janganlah kamu mengakhiri hidupmu sendiri, sesungguhnya Allah merupakan Maha Penyayang pada umatnya. Barang siapa yang mengakhiri dirinya sendiri, maka kelak anda akan dimasukkan ke neraka. Hal ini merupakan hal yang sangat mudah dilakukan oleh Allah.” ( Quran Surat An Nisa: 29 – 30 ).
Bukan hanya Allah SWT saja yang berfirman akan tindakan ini, Nabi Muhammad SAW juga bersabda bahwa “Barang siapa yang dengan sengaja mengakhiri hidupnya sendiri dengan sesuatu, kelah dirinya akan diazab di hari kiamat dengan hal serupa” ( Hadist Riwayat Bukhori, Muslin : 6105 ).

Kesimpulannya, akan ada kehidupan lagi setelah anda bunuh diri. Kehidupan tersebut akan lebih pedihketimbang rasa sakit yang anda rasakan di dunia, jadi anda perlu berfikir dua kali untuk mengakhiri nyawa anda sendiri. Salah satu hal yang perlu anda ingat bila sedang terkena masalah, cobalah untuk berfikir bahwa masalah adalah proses pendewasaan anda.
Dengan berfikir seperti ini, maka anda akan mampu membuat sebuah masalah menjadi peluang. Tentunya anda tak mau bukan mendapatkan adzab setelah anda mengakhiri hidup anda sendiri? Berikut ini hal yang akan anda dapatkan di akhirat setelah anda melakukan tindakan ini:

1. Anda akan dimasukkan ke neraka Jahannam
Ini merupakan neraka terburuk dan terberat, dimana orang-orang paling buruklah yang ditempatkan disini. Dalam al-Quran sendiri juga sering disinggung tentang neraka Jahannam ini, dimana seburuk-buruknya tempat adalah Jahannam.

2. Adzab yang serupa dengan cara mengahiri hidup
Didalam neraka, anda akan terus mengulangi cara anda mengakhiri hidup secara berulang-ulang. Perlu anda ketahui, bahwa setelah kehidupan di dunia anda akan kekal hidup di akhirat, jadi anda bisa membayangkan, bagaimana rasanya ketika anda terus mengulangi hal yang sama diakhirat nanti.

3. Surga merupakan tempat haram untuk orang yang melakukan hal ini
Allah SWT pernah berfirman bahwa , orang yang mendahului kehendakku maka haram baginya surga. Jangankan untuk masuk, mendekatpun anda akan langsung dilemparkan kembali ke neraka jahannam untuk melakukan tindakan yang anda lakukan di dunia.

Semoga dengan penjelasan dari diatas, anda bisa berfikir dua kali sebelum anda melakukan tindakan tercela ini. Ada baiknya bila anda memperkuat keimanan anda sehingga pemikiran seperti itu bisa hilang, dan pastikan anda untuk selalu berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran positif

Tanpa Bunuh Diri Masalah Tetap Bisa Diselesaikan, Inilah Caranya
Blog

Tanpa Bunuh Diri Masalah Tetap Bisa Diselesaikan, Inilah Caranya

Siapa bilang masalah yang berat da rumit tidak bisa diatasi dan hanya bunuh diri jalan keluarnya? Perlu anda tahu, bahwa setiap masalah pasti bisa diselesaikan tanpa bunuh diri. Pastilah setiap orang pernah mengalami masalah, dimana masalah tersebut bisa saja berat ataupun ringan. Setiap masalah yang menimpa sebenarnya menguji kemampuan kita, dimana kita sudah pasti mampu mengatasinya.

Perlu anda ketahui, bahwa Allah tidak akan menguji umatnya melebihi batas kemampuannya. Jadi anda perlu bersyukur bila mengalami masalah yang besar, karena membuktikan bahwa anda mampu mengatasi hal itu. pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan tips yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah anda tersebut. Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Fokus
Fokus disini yang kami mksudkan adalah fokus dalam penyelesaian masalah, anda boleh fokus namun jangan terlalu fokus pada masalah itu. Seperti yang sudah banyak sains lakukan, dimana mereka mengungkapkan bahwa otak yang terlalu terbebani tidak akan mampu berfikir dengan baik. Otak tersebut akan membuat emosi negatif muncul, sehingga menghalangi potensi otak dalam menemukan penyelesaian masalah.

Tanyakan pada diri anda sendiri, dengan masalah tersebut cara terbaik apa yang akan anda lakukan. Telusuri apa hal yang membuat masalah itu muncul, maka anda akan menemukan solusi dari masalah tersebut.

2. Pandanglah masalah itu hal positif
Jangan sesekali anda memandang masalah itu sebagai hal yang negatif, nyatanya masalah itu merupakan sebuah peluang untuk anda. Semakin banyak masalah yang anda alami, dan anda akan semakin dewasa dan tau cara mengatasinya. Dengan menganggap dan menanamkan mindset akan masalah merupakan hal positif, maka seberat apapun masalahnya maka tanpa bunuh diri pun bisa anda atasi.

3. Berfikir terbuka
Berfikir terbuka ini sangatlah penting untuk selalu dilakukan saat mengatasi masalah, dengan begini anda akan memiliki pemikiran yang lebih terbuka dan kreatif dalam menemukan solusi. Mungkin anda akan merasakan berbagai pemecahan masalah yang aneh, namun anda jangan salah dengan pemikiran aneh tersebut. Bisa saja pemikiran itulah yang merupakan jalan keluar dari masalah anda, yang anda perlukan adalah berusaha berfikir luas.

4. Cari tahu hal mendasar dari terjadinya masalah
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ketika ada masalah pastilah ada penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka anda akan lebih mudah dalam menemukan solusi, dari sini anda harus menelisik ulang apakah kesalahan yang anda lakukan hingga anda tertimpa masalah seperti ini.

Bila anda memang melakukan kesalahan pada orang lain, minta maaflah karena dengan begitu anda bisa menjadi lebih tenang dan tidak ada lagi niatan untuk bunuh diri.

Itulah 4 cara dari yang bisa anda lakukan untuk menyelesaikan masalah tanpa bunuh diri, pastikan diri anda selalu melakukan sharing pada orang kepercayaan anda. Mungkin saja teman atau kerabat anda memiliki jalan keluar yang terbaik.

Tindakan Tepat Untuk Cegah Bunuh Diri
Blog

Tindakan Tepat Untuk Cegah Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengakhiri hidupnya sendiri, dimana kebanyakan dari mereka mengakhiri hidupnya karena mengalami suatu masalah. Ada beragam tindakan yang bisa mereka gunakan untuk melakukan tindakan ini, seperti menggantung diri, memotong urat nadi, atau meminum racun. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk cegah bunuh diri, sehingga mereka yang hendak melakukan bunuh diri bisa mengurungkan niatnya.
Memang tindakan ini biasanya dilakukan secara diam-diam, sehingga sangatlah sulit untuk melakukan pencegahan. Sehingga sangat penting untuk anda mengetahui tanda-tandanya, dengan itu anda akan bisa mencegah tindakan ini terjadi.

Faktor pemicu terjadinya bunuh diri
1. Gangguan bipolar
Bipolar merupakan penyakit yang dialami oleh seseorang, dimana orang yang mengalami bipolar ini memiliki kepribadian yang lebih dari satu. Terkadang orang seperti ini akan merasa bahagia, dan pada waktu yang singkat dirinya bisa saja menjadi orang yang memiliki sifat yang berbeda.

Diketahui orang yang memiliki gangguan bipolar ini memiliki keinginan bunuh diri yang tinggi, anda bisa cegah bunuh diri ini dengan selalu memberikan perhatian kepadanya. Anda perlu membawanya ke dokter spesialis jiwa, sehingga dirinya bisa di redakan dengan obat bipolar.

2. Depresi
Orang yang putus asa biasanya akan berlanjut pada depresi, dimana mereka akan merasa cemas, gelisah, memiliki pikiran yang buruk, dan salah satunya adalah keinginan untuk bunuh diri. Bila anda memiliki kerabat atau orang terdekat anda yang mengalami depresi, maka wajib untuk anda selalu menemaninya. Jangan sampai orang yang depresi sendirian dalam waktu yang lama, dan usahakan untuk tidak membahas masalah yang mereka alami ketika dirinya sedang tidak pada waktu yang tepat.

Ketahui tanda-tandanya

Setelah anda tahu akan faktor yang menyebabkan seseorang ingin bunuh diri, untuk bisa mencegah seseorang bunuh diri maka anda juga perlu tahu tanda-tandanya. Berikut ini beberapa tanda-tanda yang biasa ditunjukkan oleh orang yang ingin bunuh diri:
1. Sering membicarakan kematian
Mereka yang ingin melakukan bunuh diri, biasanya akan sering membicarakan hal yang berkaitan dengan kematian. Mereka akan sering mengeluh dan merasa putus asa, mereka akan merasa bahwa mereka tidak berguna di dunia.

2. Bertindak yang menyakiti diri sendiri
Biasanya hal ini paling sering dilakukan oleh orang yang putus cinta, dimana mereka akan sering menyakiti diri sendiri untuk membuktikan bahwa dirinya sedang patah hati. Semakin dirinya terpuruk, maka dirinya akan semakin besar memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara cegah bunuh diri, semoga dengan membaca artikel diatas anda semakin tahu bagaimana cara menangani seseorang yang ingin melakukan tindakan ini.

Lupakan Bunuh Diri Dengan Cara Ini
Blog

Lupakan Bunuh Diri Dengan Cara Ini

Memang ada kalanya saat anda depresi anda akan muncul keinginan untuk mengakhiri hidup anda, anda berfikir bahwa bunuh diri merupakan jalan satu-satunya untuk terlepas dari masalah yang anda hadapi. Memang sangat sulit bila anda sedang depresi ataupun tertekan, dan berusaha untuk melupakan bunuh diri. Keinginan bunuh diri ini akan terus muncul bila anda tidak segera keluar dari keadaan anda saat itu, dan pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips khusus untuk anda. Dimana pada tips kali ini kami akan memberikan solusi, bagaimana cara lupakan bunuh diri dari angan-angan anda.

1. Ingat bahwa perasaan selalu berubah
Anda harus bisa mengingat, bahwa perasaan yang anda rasakan saat itu bisa berubah sewaktu-waktu. Dengan memgang keyakinan ini, anda akan menjadi semakin yakin bahwa tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.
Anda juga harus percaya, bahwa Tuhan tidak akan memberikan cobaan pada umatnya melebihi kemampuan yang dimilikinya. Dengan selalu percaya pada Tuhan, maka hati anda akan semakin tenang dan cepat pulih dari kondisi anda tersebut.

2. Menceritakan pada orang lain
Memang kadang kala untuk menceritakan masalah pada orang lain tidak begitu mudah, namun dengan membagikan masalah anda pada orang lain. Maka anda akan lebih ringan untuk menopangnya, anda tidak akan tahu reaksi orang tersebut bila anda tidak mencobanya. Atau mungkin orang yang anda ajak sharing pernah berada di posisi anda saat ini, sehingga dia tahu bagaimana cara mengatasinya.

Bila anda enggan untuk menceritakan keadaan anda pada orang lain, ntah karena suatu alasan tidak percaya atau malu. Anda bisa membagikan masalah tersebut pada psikolog, disana anda akan diberi penanaman keyakinan bagaimana cara terbaik untuk keluar dari masalah tersebut.

3. Menguatkan ibadah

Ketika anda sedang terpuruk, mungkin saja itu merupakan cobaan dari Sang Pencipta karena anda lalai padanya. Ingatlah bahwa kita di dunia ini karena dikehendaki oleh Allah, maka kepada Nya lah anda perlu membagikan dan meminta jalan keluar.
Bisa saja Allah memberikan masalah tersebut karena anda mampu mengatasinya, hanya saja anda perlu cara yang tidak biasa untuk menyelesaikannya.

4. Berwisata
Tahukah anda, ketika anda sedang mengalami masalah yang berat. Mungkin saja anda perlu berkunjung ke tempat-tempat yang menyenangkan, dimana pada tempat tersebut anda bisa mendapatkan pencerahan dari masalah yang anda hadapi saat ini.

Tempat wisata tidak perlu jauh ataupun mahal, cobalah untuk mencari tempat yang mampu menenangkan pikiran anda. Sehingga anda bisa dengan mudah menemukan solusi dari maslaah yang anda hadapai.

Demikian artikel di kesempatan kali ini, semoga dengan adanya artikel diatas bisa membantu anda untuk lupakan bunuh diri.

4 Cara Mencegah Bunuh Diri yang Ampuh
Blog

4 Cara Mencegah Bunuh Diri yang Ampuh

Banyak orang yang berniat untuk melakukan bunuh diri entah karena masalah pribadi ataupun masalah dengan lingkungan sekitarnya. Biasanya orang yang ingin melakukan bunuh diri dikarenakan ia sedang memiliki masalah dalam hidupnya dan seakan sudah tidak mampu lagi untuk memikul beban hidupnya yang kian kemari kian terasa amat berat untuk dilaluinya. Karena itulah biasanya banyak orang yang berpikiran pendek kemudian memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

Berikut adalah cara agar kita bisa terhindar dari keinginan atau tindakan bunuh diri yang bisa dilakukan :
– Menjadi pendengar yang baik
Biasanya banyak orang yang ketika berada dalam posisi yang sulit sebenarnya mereka hanya sedang membutuhkan teman bicara untuk melampiaskan keluh kesah mereka. Maka disinilah dibutuhkan seseorang yang mau menjadi pendengar yang baik, biasanya adalah teman terdekat, keluarga atau sahabatnya. Kita bisa mendengarkan keluh kesah mereka atau curahan hati mereka dengan seksama dan juga jika bisa kita memberikan solusi kepada mereka dalam menghadapi permasalahan yang tengah mereka alami. Mereka pasti akan merasa lebih tenang ketika sudah bisa mencurahkan isi hati mereka dan merasa masih ada yang peduli terhadap mereka.

– Jauhkan barang berbahaya
Sebisa mungkin bagi orang terdekat supaya menjauhkan benda yang tergolong bahaya yang bisa untuk digunakan sebagai alat bunuh diri. Benda tajam seperti pisau, gunting, silet kemudian garpu dan semacamnya lebih baik disimpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauannya. Karena orang yang berniat untuk bunuh diri biasanya akan menggunakan benda apapun yang bisa ia gunakan untuk membunuh dirinya dan yang letaknya paling dekat. Selain benda berbahaya, yang paling utama adalah obat-obatan atau racun juga harus dijauhkan.

– Berilah selalu semangat motivasi kepadanya
Bagi orang terdekat seperti sahabat, teman ataupun keluarga baiknya selalu memberikan semangat motivasi kepada orang yang kelihatannya sedang berada pada kondisi yang tertekan. Berilah motivasi yang lebih menyemangatkan mereka dan intinya meyakinkan bahwa ia bisa untuk mengatasi masalah yang tengah dihadapinya. Berilah pemikiran-pemikiran yang positif sehingga ia dapat kembali berpikiran positif dan jau dari pemikiran negative. Yang paling penting adalah jangan membuat kata-kata yang memicu perebatan yang nantinya malah membuat mental mereka menjadi lebih down.

 4 Cara Mencegah Bunuh Diri Yang Ampuh– Mengajaknya Untuk Terus Bergerak
Biasanya sebuah masalah akan hilang dari pikiran kita ketika kita sedang dalam kedaan bergerak dan merasa bahagia. Maka dari itu ajaklah mereka yang sedang dalam masalah untuk melakukan aktifitas yang membuat hidup menjadi lebih bersemangat misalnya dengan berolahraga atau sekedar jalan-jalan ke mall. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, melakukan aktivitas fisik terbukti mampu untuk meredakan stress, kemudian melakukan aktivitas olahraga mampu membuat orang merasa lebih senang. maka dengan itu melakukan aktivitas fisik memang bagus untuk membuat orang tersebut merasa lebih senang dan meminimalisir keinginannya untuk bunuh diri nantinya.

Itulah beberapa tips dan trik dari yang bisa anda lakukan untuk bisa meminimalisir keinginan untuk melakukan bunuh diri. Tindakan bunuh diri bukanlah merupakan tindakan yang bijak untuk dilakukan. hal ini justru malah menimbulkan masalah baru bagi keluarga yang ditinggalkan. Kemudian juga tindakan bunuh diri merupakan hal yang dilarang di setiap agama yang ada di dunia, maka tidak ada seorangpun yang membenarkan tindakan bunuh diri tersebut. maka dari itu kita haruslah senantiasa untuk lebih bijak lagi dan yakin bahwa setiap masalah pasti ada solusinya.

Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh Diri
Blog

Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh Diri

Perilaku atau tindakan untuk mengakhiri hidup denan sengaja bukanlah merupakan suatu tindakan yang bijaksana. Sebenarnya banyak sekali hal yang dapat memicu seseorang untuk bisa melakukan tindakan bunuh diri. Biasanya kebanyakan orang yang melakukan tindakan bunuh diri tersebut dilator belakangi karena kondisi ekonomi, tidak lulus Ujian Nasional atau gagal dalam ujian pelajaran dan bahkan masalah pekerjaan, kemudian ditolak dalam pergaulan, dan juga karena memiliki orientasi seksual yang berbeda dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat memicu orang untuk melakukan tindakan bunuh diri tersebut, tidak ada yang tahu kecuali si pelakunya namun tetap masih bisa dideteksi. Pada dasarnya kita sebagai masyarakat awam tidaklah terlalu sulit untuk bisa mengetahui atau mendeteksi orang-orang yang memang beresiko tinggi akan melakukan tindakan bunuh diri tersebut. Hal itu bisa diatasi dengan rasa kepekaan kita terhadap orang yang kelihatannya ada kemungkinan dan juga keinginan melakukan tindakan buruk tersebut. Karena dengan kita sudah mengetahui bahwa seseorang memiliki keinginan untuk melakukan tindakan bunuh diri, maka mudah-mudahan aksi bunuh diri itu dapat kita cegah dan juga tidak sampai terjadi.

Ada banyak sekali pemicu seseorang bisa melakukan tindakan buruk seperti itu, namun untuk mencegahnya juga ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Langkan pertama yang bisa dilakukan misalnya dengan tidak membiarkannya memikirkan masalah yang dihadapi dengan sendiri dan terlalu lama. Biasanya orang yang tengah dihadapi suatu masalah kondisi kejiwannya pasti sedang labil, maka mereka seharusnya butuh untuk didampingi dan tidak boleh sendirian. Mereka biasanya pasti akan cenderung untuk menjauhkan diri mereka dari lingkungan maka disini perna kepekaan kita sangat dibutuhkan untuk mendekatkan diri kita lebih dahulu kepada mereka. Dan selalu usahakan ketika kita mengobrol memberikan motivasi-motivasi kepada mereka sehingga membuatnya kembali bersemangat. Hal yang selanjutnya bisa kita lakukan adalah dengan upaya yang dilakukan melalui orang terdekat mereka atau keluarga. Ada beberapa hal yang bisa keluarga lakukan untuk bisa mencegah mereka melakukan tindakan bunuh diri. Hal yang pertama adalah tunjukan bahwa keluarga mereka selalu menyuport semua usahanya dan mengapresiasinya dan mereka juga peduli terhadapnya. Jangan pernah menyebutkan keburukannya atau kekurangannya saat ia tengah merasa tertekan atau depresi karena hal itu makin membuat dirinya lebih putus asa. Selanjutnya juga bisa dilakukan dari guru jika memang ia masih berada di sekolah. Guru bisa memberikan pendampingan saat disekolah sehingga sang anak tidak kesulitan saat mereka tengah dalam masa pencarian jati diri di sekolah. Biasanya banyak anak yang di bully di sekolah maka hal itu harus menjadi perhatian penting bagi pihak sekolah maupun guru yang merupakan orang dewasa terdekat yang ada disekolah. Maka dari itu sekolah juga harus aktif berperan aktif apabila terdeteksi ada siswanya yang di bully. Karena memang masalah bullyin merupakan masalah yang serius.

Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh DiriItulah beberapa cara diatas yang di anjurkan untuk mencegah terjadinya bunuh diri. Memang di era sekarang permasalahan nampaknya selalu ada dan tidak ada hentinya. Akan tetapi permasalahan tersebut haruslah diselesaikan dengan bijak bukan malah kita melakukan tindakan bunuh diri. Bunuh diri merupakan suatu tindakan yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena setiap orang pasti bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya seberat apapun itu. Dalam setiap agama manapun tindakan bunuh diri merupakan suatu tindakan yang sangat salah dan berdosa. Maka dari itu lebih tingkatkan keimanan dan ketakwaan juga menjadi salah satu kunci untuk bisa menghindarkan diri dari keinginan bunuh diri.

Tips Mencegah Tindakan Bunuh Diri
Blog

Tips Mencegah Tindakan Bunuh Diri

Belakangan ini memang banyak sekali tindakan bunuh diri terlebih yang terjadi di kota-kota besar. Memang hidup di kota-kota besar pastilah memiliki tekanan yang cukup berat apalagi mengenai masalah ekonomi. Masalah ekonomi juga merupakan salah satu yang paling sering menjadi penyebab terjadinya tindakan bunuh diri. Banyak orang yang merasa tidak kuat menahan beban kehidupan mereka yang mereka rasakan terlalu berat, maka dari itu banyak dari mereka yang lebih memilih mengambil jalan pintas. Bunuh diri bukanlah cara yang bijak untuk bisa lepas dari masalah, malah justru melakukan tindakan bunuh diri akan menambah masalah yang ada.

Jika saat ini anda tengah mengalami masalah yang berat dan berpikiran atau memiliki perasaan untuk mengakhiri hidup anda, maka saat ini anda butuh pertolongan segera. Pertolongan bisa didapatkan dari dokter ahli mental kejiwaan atau psikiater. Atau anda bisa memulai dengan meringankan beban yang ada di pikiran anda ataupun dengan bebagi atau curhat ke teman, sahabat ataupun keluarga. Curahkanlah isi hati anda mengenai permasalahan yang sedang anda hadapi dan juga mintalah solusi yang terbaik dari mereka supaya situasi menjadi lebih baik kedepannya dan mengurungkan niat anda untuk bunuh diri nantinya.

Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk bisa mengurungkan atau meminimalisir niatan untuk bunuh diri. Hal yang pertama adalah segera cari pertolongan dari orang professional dalam bidang ini yaitu Psikiater atau ahli kesehatan mental. Bantuan akan tersedia bagi anda selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Meskipun diri anda berkata bahwa sanggup dan tidak ingin menarik perhatian banyak orang akan tetapi anda butuh penanganan dari seorang professional untuk menangani hal serius ini. jangan takut karena anda bisa merahasaiakan identitas anda, segeralah hubungi nomor darurat sebisa mungkin agar masalah depresi anda segera tertangani.

Yang selanjutnya anda juga bisa langsung mendatangi rumah sakit. Anda bisa langsung datang ke rumah sakit jika memang belum ada kemajuan dan mintalah orang terekat anda untuk mengantarkan anda sampai rumah sakit. Karena jangan sampai anda mengendari kendaraan sendirian, itu merupakan hal yang berbahaya saat anda dalam situasi tidak stabil seperti itu. Selanjutnya anda bisa membicarakan pemikiran-pemikiran yang sedang anda hadapi kepada orang terdekat anda, baik itu teman, sahabat ataupun keluarga. Segeralah anda bercerita mengenai permasalahan anda dan juga keinginan anda untuk bunuh diri, jangan sampai anda terus-terusan memendam permasalahan tersebut sendirian. Yang selanjutnya bisa dilakukan adalah menunggu pertolongan segera datang. Jika anda memang harus terpaksa menunggu seseorang untuk datang atau menunggu di rumah sakit, duduklah dengan tenang dan atur pernapasan dengan perlahan dan selalu berpikiran positif. Hal itu bisa meminimalisir tindakan bunuh diri supaya tidak terjadi.

Itulah beberapa tips dari agen judi yang bisa dipakai ketika seseorang tengah berada dalam situasi ingin bunuh diri atau megakhiri hidupnya dengan sengaja. Tindakan bunuh diri merupakan suatu tindakan yang salah dan tidak sepatutnya dilakukan oleh siapapun karena melakukan tindakan bunuh diri lebih banyak menimbulkan masalah kembali daripada menyudahi masalah. Tetaplah berpikiran positif dan tetap bersyukur akan kehidupan yang tengah dijalani. Ingatlah bahwa setiap masalah pastilah ada jalan keluarnya dan tidak ada masalah yang tidak ada solusinya. Jadi jangan pernah perpikiran untuk mengakhiri hidup karena hidup merupakah anugerah dan harus dijalani dengan ikhlas.

Tekan Angka Kematian Karena Bunuh Diri
Blog

Tekan Angka Kematian Karena Bunuh Diri

Kematian merupakan hal yang akan terjadi pada manusia. Kematian bersifat pasti, namun tidak ada yang tau kapan kematian akan datang pada kita. Namun, banyak orang mendatangi kematiannya sendiri sebelum takdir. Hal ini menyebabkan angka kematian akibat bunuh diri di Indonesia semakin meningkat. Kebanyakan kasus bunuh diri terjadi karena psikis seseorang yang terganggu. Gangguan psikis disebabkan stress dan depresi. Namun, bunuh diri dapat terjadi pada siapapun. Orang normal pun dapat beresiko melakukan bunuh diri. Di negara maju pun juga memiliki resiko warga negaranya bunuh diri yang tinggi.

Oleh sebab itu, kasus bunuh diri menjadi perhatian khusus. Sakit kronis juga akan memacu orang bunuh diri karena merasa jenuh dengan penyakitnya. Sebagian besar, terjadinya bunuh diri pada wanita karena pelecehan seksual sehingga menyebabkan dirinya tidak bisa menahan malu dan ejekan masyarakat sekitar. Karena bagi wanita, pelecehan seksual akan sangat memalukan. Seumur hidup seorang wanita akan menanggung malu, bahkan sebagian lelaki tidak akan menerima wanita yang mengalami pelecehan seksual. Pada fase ini wanita akan beresiko melakukan bunuh diri. Apabila ini terjadi, jauhkan wanita tersebut dengan senjata tajam dan benda yang mendukung untuk bunuh diri.

Beberapa pencegahan bunuh diri juga dapat dilakukan agar angka kematian menurun. Dengan pengobatan psikiater, karena seseorang akan merasa nyaman dan mengungkapkan masalahnya pada psikiater. Tingkat depresinya pun sedikit demi sedikit akan menurun. Untuk wanita, akan lebih baik menggunakan pakaian yang tidak terlalu terbuka. Karena laki-laki akan terpancing melakukan pelecehan seksual jika melihat wanita dengan pakaian yang sangat terbuka.

Maka, wanita itu sendirilah yang bisa menjada dirinya sendiri dari pelecehan seksual yang beresiko bunuh diri. Pemilihan teman juga harus di perhatikan, karena teman terkadang menjadi pendorong seseorang bunuh diri. Pada saat ini, bullying sangat dekat dengan kehidupan remaja maupun anak-anak. Maka akan lebih baik memilih teman yang bisa membawa pada hal-hal yang baik dan lebih positif. Agama juga menjadi salah satu cara pencegahan bunuh diri, karena seseorang yang mendekatkan diri pada agamanya akan lebih kuat dalam menghadapi masalah sehingga tidak memiliki fikiran untuk melakukan bunuh diri.

Liburan Penangkal Bunuh Diri
Uncategorized

Liburan Penangkal Bunuh Diri

Adakah yang tidak mengenal liburan? Liburan menjadi idaman untuk semua orang. Banyak pilihan yang dapat dilakukan saat liburan. Seperti di pantai,gunung,dan tempat-tempat wisata lainnya. Tahukah anda apa hukum liburan? Liburan itu hukumnya wajib. Mengapa demikian? Karena liburan akan menimbulkan kebahagiaan dan menjadi salahsatu cara untuk pencegahan bunuh diri.

Banyak orang bertanya-tanya, apa hubungannya liburan akan mencegah seseorang melakukan bunuh diri. Ini jawabannya. Liburan merupakan kegiatan yang dilakukan bersama keluarga, sahabat maupun orang terdekat ke suatu tempat. Tempat tersebut dipilih sebagai tempat yang menarik untuk mengisi liburan. Dengan liburan dapat menghilangkan penat yang ada dalam otak. Karena sesekali otak perlu istirahat untuk berfikir keras. Saat seseorang memiliki masalah, liburan menjadi alternatif untuk melupakan sejenak apa yang sedang dihadapi. Agar setelah itu ia mampu berfikir jernih untuk menyelesaikan permasalahannya. Jika otak tidak beristirahat sejenak seperti saat bermain judi bola, pikiran di otaknya akan semakin menumpuk. Seperti berenang memerlukan istirahat bernafas, otak juga memerlukan istirahat. Akan ada kejenuhan karena di tuntut untuk selalu berfikir keras.

Kejenuhan yang terjadi pada otak akan menimbulkan stress. Tidak baik bagi psikis seseorang jika di tuntut selalu berfikir. Saat merasa kejenuhan pada otak, dan memiliki tanda-tanda yang mengarah pada bunuh diri ataupun menyakiti diri sendiri akan lebih baik untuk mengistirahatkan otak sejenak dengan liburan. Tanda-tanda yang terjadi, yang pertama seseorang akan merasa asing dari kehidupan sosial dan ia mulai mengasingkan dirinya sendiri dari lingkungan masyarakat. Kemudian merasa tidak takut akan kematian, hal ini sangat berbahaya dan memacu seseorang dengan cepat untuk melakukan bunuh diri. Orang yang beresiko melakukan bunuh diri lebih cenderung menyalahdan diri sendiri dan merasa tidak kuat dengan masalah yang dihadapi. Sehingga sebelum mengalami tanda-tanda tersebut akan lebih baik jika rutin melakukan liburan. Tidak perlu liburan yang jauh maupun mahal, pergi ke suatu tempat yang sederhana bersama teman maupun keluarga sudah cukup untuk mengistirahatkan otak. Dan kejenuhan otak yang akan menimbulkan seseorang memiliki tanda-tanda beresiko bunuh diri tidak akan terjadi.