Cara Menangani Orang Yang Ingin Bunuh Diri

Belakangan ini banyak sekali orang yang putus asa dalam menjalani kehidupannya. Entah akibat permasalahan ekonomi ataupun masalah lainnya. Memang banyak sekali penyebab mengapa orang memiliki keinginan untuk mengakhiri hidupnya dengan sengaja atau bunuh diri. Bunuh diri tidaklah menyelesaikan masalah, malahan bunuh diri akan menambah masalah baru. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk mencegah ataupun mendeteksi keinginan orang untuk melakukan tindakan bunuh diri. Biasanya orang yang berpikiran ingin mengakhri hidupnya atau bunuh diri memiliki ciri tersendiri yang sering diperlihatkan.

Oleh karena itu, kita sebagai orang terdekat atau sahabatnya bisa melihat ciri tersebut dan segera mengambil tindakan pencegahan agar orang tersebut tidak melakukan tindakan bunuh diri tersebut. Disini kepekaan memang sangat dibutuhkan, kita harus sering memperhatikan gerak-gerik teman kita mulai dari jarang bermain game atau judi bola jika dirasa memang ada yang aneh dari dirinya, misalnya sering merenug sendirian, tiba-tiba menjadi pendiam, tertutup kemudian sering emosi dan masih banyak lagi tindakan yang aneh dan tidak biasa dari teman kita yang patt dicurigai. Jika orang tersebut dirasa tidak biasa dari biasanya segeralah tanya apa yang sedang terjadi dengan dirinya, apakah ia sedang memiliki masalah atau tidak. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mencegah orang mengambil tindakan untuk bunuh diri atau mengakhiri hidupnya.

Untuk menangani atau mencegah orang yang akan melakukan atau memiliki niatan untuk melakukan tindakan bunuh diri memang perlu tindakan khusus. Yang pertama bisa dilakukan ada;ah dengan membawanya kepada seorang ahli mental kejiwaan professional. Bawalah orang yang sudah terdeteksi atau sedang mengalami depresi berat dan memiliki keinginan untuk bunuh diri ke ahli mental kejiwaan professional dengan segera. Hal ini karena jika memang depresi atau tekanan masalah yang dihadapinya sudah teramat berat maka seorng professional atau yang sudh ahli dibidangnya lah yang bisa menanganinya.

Misalnya ada seseorang yang ingin mengakhiri hidupnya karena masalah percintaan, pekerjaan ataupun kecatatan fisik. Berilah motivasi kepada mereka bahwa permasalahan tersebut masih bisa ada solusinya dan bawalah segera kepada professional yang tepat dan ahlinya. Kemudian selanjutnya anda bisa menjadi pendengar mengenai permasalahan yang tengah ia hadapi dan juga memberikan solusi kepadanya menganai permasalahan tersebut. Kebanyakan orang lebih memilih untuk mengakhiri hidupnya karena merasa sudah tidak ada lagi seseorang yang peduli kepadanya dan mendengarkannya. Saat situasi seperti inilah seserang akan semakin berpikiran negative untuk tetap mengakhiri hidupnya, maka kehadiran seseorang akan sangat berarti baginya dan menganggap bahwa dirinya masih ada yang mempedulikan.

Maka dari itu, kita sebagai seseorang harus lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Tindakan bunuh diri bisa terjadi kepada siapa saja. Maka dari itu mulai sekarang kita harus bisa lebih memperhaikan lingkungan sekitar kita agar tidak kehilangan teman kita atau keluarga kita. Tindakan bunuh diri bukanlah tindakan yang dianjurkan untuk menyelesaikan masalah. Malah justru dengan mengambil tindakan bunuh diri akan menambah permasalahan yang timbul nantinya.

Maka untuk mencegahnya haruslah kita dan pemilik akun senantiasa berpikiran postif dan bersyukur akan kehidupan yang kita jalani. Ingatlah bahwa masih ada diluar sana yang sedang menghadapi masalah seberat apapun dan mereka mampu melaluinya. Oleh karena itu mulai lah berpikiran positif dan melakukan aktivitas yang bermanfaat untuk mencegah kita memiliki pikiran aau persaan untuk mengakhiri hidup. Yakinlah bahwa masih banyak orang diluar sana yang membutuhkan kita, peduli derta sayang kepada kita.

About

View all posts by

Leave a Reply