Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri

Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri

Cara Mengatasi Orang Yang Suka Menyakiti Diri Sendiri – Dalam kehidupan setiap manusia pasti memiliki masalah. Banyak cara manusia untuk melampiaskan rasa akibat adanya tersebut. Ada yang memilih untuk berteriak, marah, tidur, menyendiri, bercerita kepada teman, menyakiti diri sendiri sampai berupaya bunuh diri. Menyakiti diri sendiri atau self injury adalah salah satu bentuk gangguan mental atau depresi akbibat permasalahan yang ada. Ketika orang yang mengalami gangguan mental self injury ini mendapat masalah, maka dia akan mengekspresikan emosinya terhadap masalah dengan cara menyakiti diri sendiri yang tentunya akan menimbulkan sensasi tersendiri untuknya. Selain itu, self injury ini biasanya dialami orang yang mengalami kekosongan dalam dirinya, sehingga tidak mampu mengendalikan tindakannya.

Cara menyakiti diri yang sering dilakukan oleh mereka yang sedang mengalami depresi adalah cutting atau menyayat tubuh mereka hingga berdarah-darah. Cutting ini biasa dilakukan oleh remaja dengan oemikiran labil atau pada orang dewasa yang tidak tahu kemana harus bercerita. Awalnya orang-orang yang depresi ini melakukan cutting pada bagian tangan saja. Tetapi, saat ini bertambah parah karena mereka bisa menyayat bagian tubuh lain seperti kaki, punggung, bahkan leher. Biasanya orang yang suka menyakiti diri sendiri dengan cutting ini tidak menampakkan tanda-tanda mencurigakan, kecuali ketika mereka sudah dalam tahap depresi parah maka mereka akan berusaha mengakhiri hidupnya.
Tindakan menyakiti diri dengan cara cutting ini harus bisa dihentikan. Karena jika tindakan ini tidak dicegah akan berakibat fatal hingga hilangnya nyawa seseorang. Tindakan cutting ini merupakan tindakan candu, yang dimana sekali saja kita melakukan, esok hari jika kita mendapat masalah maka akan mencoba melakukan hal serupa atau bahkan lebih parah hingga berujung percobaan bunuh diri. Berikut ada beberapa cara untuk menghentikan anda yang suka melampiaskan emosi anda dengan cara menyakiti diri sendiri.

• Cari orang yang dapat menemani anda. Orang-orang ini bisa orang terdekat yang anda seperti orang tua dan sahabat. Hal ini agar anda tidak merasa bahwa anda sendirian sehingga ingin menghilangkan rasa sepi dengan menyayat diri. Anda juga bisa meminta orang terdekat anda berkunjung ke suatu tempat hanya untuk sekedar menghibur diri seperti nonton film di bioskop, taman, mall, atau tempat lain yang menjadi favorit anda.

• Jika anda terlintas pikiran untuk membunuh diri, maka segera tepis pikiran itu dan menghubungi orang sekitar. Mengobrol lah tentang hal yang menyenangkan dengan mereka meskipun hanya melalui telfon, karena dengan hal itu akan membuat anda tidak merasa sendirian. Atau jika mereka tidak sibuk maka ajaklah mereka untuk berkunjung ke tempat anda atau pun anda bisa mengakses situs https://homebet88.online untuk bermain game online, supaya anda memiliki kesibukan dan tidak memikirkan hal-hal yang aneh.

• Melakukan hal lain yang bisa mengalihkan pikiran dari hal negatif. Anda bisa melakukan hobi untuk menghibur diri atau bahkan pergi ke salon untuk merawat diri anda.

• Jauhi benda yang bisa membuat anda berpikiran untuk menyakiti dirri anda di rumah. Jangan biarkan benda seperti pisau, gunting, silet, ataupun benda tajam lainnya berada di sekitar anda.

• Mulai mengubah pola pikir dengan cara membuang semua pikiran negatif yang selama ini pernah ada karena pikiran negatif hanya akan memperkeruh suasana hati Anda.

• Mulai untuk mencoba menulis tujuan hidup anda kedepannya, cita-cita, jadwal harian, serta larangan untuk menyakiti diri sendiri. Hal ini akan membantu anda untuk selalu mengingat dan mulai bersemangat agar dapat melakukan hal positif.

• Selalu memberikan motivasi yang positif kepada diri sendiri sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

About

View all posts by

Leave a Reply