Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh Diri

Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh Diri

Perilaku atau tindakan untuk mengakhiri hidup denan sengaja bukanlah merupakan suatu tindakan yang bijaksana. Sebenarnya banyak sekali hal yang dapat memicu seseorang untuk bisa melakukan tindakan bunuh diri. Biasanya kebanyakan orang yang melakukan tindakan bunuh diri tersebut dilator belakangi karena kondisi ekonomi, tidak lulus Ujian Nasional atau gagal dalam ujian pelajaran dan bahkan masalah pekerjaan, kemudian ditolak dalam pergaulan, dan juga karena memiliki orientasi seksual yang berbeda dan masih banyak lagi hal-hal yang dapat memicu orang untuk melakukan tindakan bunuh diri tersebut, tidak ada yang tahu kecuali si pelakunya namun tetap masih bisa dideteksi. Pada dasarnya kita sebagai masyarakat awam tidaklah terlalu sulit untuk bisa mengetahui atau mendeteksi orang-orang yang memang beresiko tinggi akan melakukan tindakan bunuh diri tersebut. Hal itu bisa diatasi dengan rasa kepekaan kita terhadap orang yang kelihatannya ada kemungkinan dan juga keinginan melakukan tindakan buruk tersebut. Karena dengan kita sudah mengetahui bahwa seseorang memiliki keinginan untuk melakukan tindakan bunuh diri, maka mudah-mudahan aksi bunuh diri itu dapat kita cegah dan juga tidak sampai terjadi.

Ada banyak sekali pemicu seseorang bisa melakukan tindakan buruk seperti itu, namun untuk mencegahnya juga ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Langkan pertama yang bisa dilakukan misalnya dengan tidak membiarkannya memikirkan masalah yang dihadapi dengan sendiri dan terlalu lama. Biasanya orang yang tengah dihadapi suatu masalah kondisi kejiwannya pasti sedang labil, maka mereka seharusnya butuh untuk didampingi dan tidak boleh sendirian. Mereka biasanya pasti akan cenderung untuk menjauhkan diri mereka dari lingkungan maka disini perna kepekaan kita sangat dibutuhkan untuk mendekatkan diri kita lebih dahulu kepada mereka. Dan selalu usahakan ketika kita mengobrol memberikan motivasi-motivasi kepada mereka sehingga membuatnya kembali bersemangat. Hal yang selanjutnya bisa kita lakukan adalah dengan upaya yang dilakukan melalui orang terdekat mereka atau keluarga. Ada beberapa hal yang bisa keluarga lakukan untuk bisa mencegah mereka melakukan tindakan bunuh diri. Hal yang pertama adalah tunjukan bahwa keluarga mereka selalu menyuport semua usahanya dan mengapresiasinya dan mereka juga peduli terhadapnya. Jangan pernah menyebutkan keburukannya atau kekurangannya saat ia tengah merasa tertekan atau depresi karena hal itu makin membuat dirinya lebih putus asa. Selanjutnya juga bisa dilakukan dari guru jika memang ia masih berada di sekolah. Guru bisa memberikan pendampingan saat disekolah sehingga sang anak tidak kesulitan saat mereka tengah dalam masa pencarian jati diri di sekolah. Biasanya banyak anak yang di bully di sekolah maka hal itu harus menjadi perhatian penting bagi pihak sekolah maupun guru yang merupakan orang dewasa terdekat yang ada disekolah. Maka dari itu sekolah juga harus aktif berperan aktif apabila terdeteksi ada siswanya yang di bully. Karena memang masalah bullyin merupakan masalah yang serius.

Cara Menghilangkan Keinginan Bunuh DiriItulah beberapa cara diatas yang di anjurkan untuk mencegah terjadinya bunuh diri. Memang di era sekarang permasalahan nampaknya selalu ada dan tidak ada hentinya. Akan tetapi permasalahan tersebut haruslah diselesaikan dengan bijak bukan malah kita melakukan tindakan bunuh diri. Bunuh diri merupakan suatu tindakan yang sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena setiap orang pasti bisa menyelesaikan masalah yang dihadapinya seberat apapun itu. Dalam setiap agama manapun tindakan bunuh diri merupakan suatu tindakan yang sangat salah dan berdosa. Maka dari itu lebih tingkatkan keimanan dan ketakwaan juga menjadi salah satu kunci untuk bisa menghindarkan diri dari keinginan bunuh diri.

About

View all posts by

Leave a Reply