Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi

Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi

Cara Penanggulangan Bunuh Diri Karena Depresi – Bunuh diri merupakan jalan pintas yang sering dipilih untuk mengakhiri masalah hidup. Mereka yang memilih jalan dengan coba mengakhiri hidupnya ini berpikiran bahwa dengan melakukan hal tersebut masalah yang dihadapinya selesai. Terkadang orang yang memiliki pikiran ingin bunuh diri adalah orang yang merasa dirinya sendirian. Jika kalian sedang dalam masalah, maka usahakan jangan pernah sekalipun terpikirkan untuk bunuh diri. Karena, sekali saja kalian berpikiran untuk bunuh diri, maka keinginan untuk itu akan selalu muncul. Jika kalian menghadapi masalah dan merasa tidak ada yang dapat mengerti keadaan kalian :

1. Ceritakan Masalah Kalian Pada Orang Yang Anda Percaya
Menceritakan masalah akan membuat kalian merasa lebih tenang. Kalian bisa membagi cerita ke orang tua atau sahabat dekat kalian. Pilihlah orang-orang yang benar-benar kalian percaya. Mereka akan memberi kalian sedikit pencerahan agar kalian menjadi lebih tenang dan mampu berpikir jernih untuk mencari jalan keluar masalah kalian.

Apabila kalian merasa membutuhkan bantuan orang lain yang lebih terpercaya, maka kalian bisa mendatangi psikiater. Melalui bantuan psikiater, kalian bisa dibantu untuk meringankan beban kalian dalam menghadapi masalah. Hilangkan rasa ragu untuk bercerita tentang masalah kalian ketika kalian datang ke psikiater, karena psikiater pasti akan menjaga kerahasiaan permasalahan yang kalian hadapi dan memberikan solusi yang terbaik.

2. Menonton Video Motivasi
Untuk kalian yang merasa belum terlalu percaya pada orang lain untuk kalian jadikan tempat cerita atau merasa belum puas terhadap respon yang diberikan sekitar kalian, maka kalian bisa mencoba cara ini. Menonton video motivasi akan menambah semangat anda untuk menghadapi masalah. Melalui cara ini, kalian dapat menonton sembari merenung agar kalian mendapat ide untuk melakukan langkah selanjutnya dalam menyelesaikan masalah. Banyak sekali video motivasi yang bisa anda lihat melalui situs kongbet.net.

3. Membuat To Di List
To do list ini akan mengatur jadwal kegiatan kalian. Kalian bisa menulis secara rinci apa saja rencana kegiatan kalian sehari-hari, serta pukul berapa kalian akan melaksanakannya dalam sebuah blocknote yang mudah kalian bawa kemana-mana atau di sticky notes yang kalian tempel di tempat yang sering kalian kunjungi di rumah. Membuat to do list harian ini akan membuat kalian lebih mampu untuk memanfaatkan waktu dan mengerjakan hal positif daripada melamun. Karena jika kalian lebih banyak berdiam diri dan melamun, pasti pikiran jelek untuk mencoba bunuh diri karena lelah menghadapi masalah akan selalu muncul.

Meluangkan Waktu Sejenak Untuk Berkumpul Dengan Teman
Berkumpul dengan teman akan membantu kalian melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapi. Kalian bisa bertukar pendapat dengan teman yang kalian punya mengenai apa yang mengganjal dalam diri kalian. Berkumpul dengan teman akan membuat kalian lebih tenang dan tidak merasa sendirian. Tentunya kalian juga harus dapat memilih mana teman yang memberi energi positif pada diri kalian sehingga tidak menimbulkan hal yang lebih buruk kedepannya.

Pada dasarnya semua masalah pasti memiliki solusi. Hanya saja, kita harus selalu berusaha untuk menjaga pikiran kita agar ketika mendapat masalah tidak mudah untuk menyerah dan mengambil jalan pintas dengan melakukan percobaan bunuh diri. Jangan pernah merasa putus asa dan tidak mempunyai siapa-siapa. Semoga tips di atas bermanfaat. Tetap semangat dalam menjalankan hari-hari kalian. Buang semua pikiran negatif agar tidak semakin menambah runyam permasalahan yang sedang kalian hadapi.

About

View all posts by

Leave a Reply