Curhat Termasuk Pencegahan Bunuh Diri, Mengapa?

Di zaman yang maju ini,curhat adalah kata yang paling popular di kalangan remaja maupun dewasa. Maksud dari curhat yaitu mengungkapkan suatu masalah,cerita,maupun kejadian yang menimpa seseorang. Curhat bisa dilakukan dengan teman maupun orang terdekat. Bahkan,curhat tidak perlu dilakukan secara tatap muka. Curhat bisa dilakukan via whatsapp, line, sms, video call, maupun voice call. Hal itu sangat mempermudah untuk mengungkapkan apa yang terjadi karena tidak perlu langsung bertatap muka. Alasan seseorang mengungkapkan masalah maupun kejadian yang menimpanya pada oranglain adalah ingin merasa dirinya lebih lega.

Selain itu,akan mendapatkan sokusi yang lebih baik dari orang lain. Karena bisa jadi orang lain memiliki pengalaman hidup yang lebih. Walaupun begitu,tidak semua masalah maupun kejadian bisa dibagi dengan oranglain. Masalah yang sangat pribadi tidak perlu diungkapkan ke oranglain,kalaupun sangat memerlukan akan lebih baik berbagi dengan orang yang paling dekat dan tidak perlu mengumbar suatu masalah.

Curhat termasuk pencegahan seseorang melakukan bunuh diri,mengapa? Karena melalui curhat,seseorang dapat berbagi masalahnya dan mendapat semangat maupun dukungan dari orang terdekatnya. Hal ini sangat mendukung seseorang untuk bangkit dari keterpurukan. Orang-orang terdekatlah yang memiliki peran penting dalam membantu seseorang untuk bangkit. Melalui curhat,seseorang akan mendapat banyak masukan solusi.

Yang nantinya akan memancing ia untuk berfikir bagaimana cara terbaik menyelesaikan masalahnya. Seseorang tidak akan berfikiran negatif dan sampai mengakhiri hidupnya. Karena hidupnya terlalu berharga jika meninggalkan orang-orang yang selalu memberi dukungan dan semangat. Melalui curhat juga akan memberikan banyak pengalaman hidup. Karena dapat belajar dari masalah-masalah yang dialami oranglain. Ia tidak akan memiliki rasa tidak beruntung karena mempunyai masalah yang berat. Karena masih banyak orang yang diberikan masalah yang jauh lebih berat dan mampu menghadapinya. Karena suatu kejadian ataupun masalah pasti memiliki solusi.

Inilah alasan kuat curhat dapat membantu pencegahan seseorang melakukan bunuh diri. Namun perlu diketahui bahwa saat curhat harus bisa memilih dengan siapa akan berbagi masalahnya. Jangan sampai orang tersebut hanya akan semakin menghancurkan, bukan membangkitkan dan menambah masalah. Berbagi kesedihan dengan oranglain akan mengurangi beban pikiran. Sehingga terjadinya gangguan jiwa maupun stress dapat dicegah. Hal yang biasa dilakukan orang lain apabila sedang stress adalah bermain poker

Dan niat atau fikiran bunuh diri tidak akan muncul jika seseorang selalu berfikir positif dan memiliki perjuanganjuangan yang kuat untuk tetap mempertahankan hidup ini. Ia akan selalu percaya bahwa setiap masalah akan ada solusi dan solusi itu bisa datang dari Tuhan,keluarga, maupun teman. Memperbanyak berteman dengan orang-orang yang baik,maka disaat memiliki masalah akan berbagi masalah dengan orang yang tepat. Dan akan mendapat solusi yang terbaik serta selalu mendukung dan memberikan semangat. Akan lebih baik tidak memaksakan suatu masalah difikirkan sendiri,berbagi dengan oranghlain itu perlu.