Tindakan Tepat Untuk Cegah Bunuh Diri

Tindakan Tepat Untuk Cegah Bunuh Diri

Bunuh diri merupakan tindakan yang dilakukan seseorang untuk mengakhiri hidupnya sendiri, dimana kebanyakan dari mereka mengakhiri hidupnya karena mengalami suatu masalah. Ada beragam tindakan yang bisa mereka gunakan untuk melakukan tindakan ini, seperti menggantung diri, memotong urat nadi, atau meminum racun. Pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk cegah bunuh diri, sehingga mereka yang hendak melakukan bunuh diri bisa mengurungkan niatnya.
Memang tindakan ini biasanya dilakukan secara diam-diam, sehingga sangatlah sulit untuk melakukan pencegahan. Sehingga sangat penting untuk anda mengetahui tanda-tandanya, dengan itu anda akan bisa mencegah tindakan ini terjadi.

Faktor pemicu terjadinya bunuh diri
1. Gangguan bipolar
Bipolar merupakan penyakit yang dialami oleh seseorang, dimana orang yang mengalami bipolar ini memiliki kepribadian yang lebih dari satu. Terkadang orang seperti ini akan merasa bahagia, dan pada waktu yang singkat dirinya bisa saja menjadi orang yang memiliki sifat yang berbeda.

Diketahui orang yang memiliki gangguan bipolar ini memiliki keinginan bunuh diri yang tinggi, anda bisa cegah bunuh diri ini dengan selalu memberikan perhatian kepadanya. Anda perlu membawanya ke dokter spesialis jiwa, sehingga dirinya bisa di redakan dengan obat bipolar.

2. Depresi
Orang yang putus asa biasanya akan berlanjut pada depresi, dimana mereka akan merasa cemas, gelisah, memiliki pikiran yang buruk, dan salah satunya adalah keinginan untuk bunuh diri. Bila anda memiliki kerabat atau orang terdekat anda yang mengalami depresi, maka wajib untuk anda selalu menemaninya. Jangan sampai orang yang depresi sendirian dalam waktu yang lama, dan usahakan untuk tidak membahas masalah yang mereka alami ketika dirinya sedang tidak pada waktu yang tepat.

Ketahui tanda-tandanya

Setelah anda tahu akan faktor yang menyebabkan seseorang ingin bunuh diri, untuk bisa mencegah seseorang bunuh diri maka anda juga perlu tahu tanda-tandanya. Berikut ini beberapa tanda-tanda yang biasa ditunjukkan oleh orang yang ingin bunuh diri:
1. Sering membicarakan kematian
Mereka yang ingin melakukan bunuh diri, biasanya akan sering membicarakan hal yang berkaitan dengan kematian. Mereka akan sering mengeluh dan merasa putus asa, mereka akan merasa bahwa mereka tidak berguna di dunia.

2. Bertindak yang menyakiti diri sendiri
Biasanya hal ini paling sering dilakukan oleh orang yang putus cinta, dimana mereka akan sering menyakiti diri sendiri untuk membuktikan bahwa dirinya sedang patah hati. Semakin dirinya terpuruk, maka dirinya akan semakin besar memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara cegah bunuh diri, semoga dengan membaca artikel diatas anda semakin tahu bagaimana cara menangani seseorang yang ingin melakukan tindakan ini.

About

View all posts by

Leave a Reply