Terapi Yang Tepat Untuk Mencegah Bunuh Diri

Terapi Yang Tepat Untuk Mencegah Bunuh Diri

Sudah jutaan ornag di dunia ini yang memilih menyelesaikan masalah dengan cara mengakhiri hidup. Banyak faktor yang melatarbelakangi mereka memilih untuk melakukan bunuh diri, seperti merasa sendiri, beban masalah yang menumpuk, rasa bersalah yang tidak kunjung hilang, hingga akhirnya mereka menjadi depresi dan memilih mengakhiri hidupnya. Banyak cara yang dilakukan agar kasus bunuh diri dapat berkurang, seperti penggunaan obat anti depresan. Namun, penggunaan obat ini tidak bisa sepenuhnya menghilangkan keinginan seseorang untuk melakukan bunuh diri. Oleh karena itu, berikut ini adalah terapi yang dapat menjadi solusi untuk menghilangkan pikiran untuk melakukan bunuh diri.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk mengurangi gangguan mental. Meditasi dapat menstabilkan kembali detak jantung dan aliran darah yang meningkat karena mengalami stres dan banyak tekanan. Ada banyak manfaat meditasi untuk kesehatan secara emosional, seperti membuat kesadaran diri meningkat, membuat fokus meningkat, mengurangi emosi yang membawa dampak negatif, serta melatih kemampuan untuk mengendalikan pikiran dan melihat permasalah dari sisi yang lain atau sisi baiknya.
Meditasi sebenarnya dapat dilakukan di manapun dan kapanpun, tergantung pada pribadi masing-masing, yang penting tetap dapat fokus. Berikut ini adalah cara mudah untuk anda melakukan meditasi

• Awali dengan tarik napas dalam-dalam secara perlahan, lakukan berulang-ulang.
• Mulai fokuskan pikiran anda dan hilangkan sejenak pikiran tentang hal negatif dan permasalahan anda.
• Sembari terus mengatur nafas anda, rasakan aliran darah di setiap bagian tubuh. Tetap fokus dan nikmati setiap aliran darah anda.
• Untuk menjaga tetap fokus, anda bisa dengan melakukan doa, bacaan, atau menyebut sesuai dengan kepercayaan masing-masing.
• Untuk anda yang baru mencoba melakukan meditasi, lebih baik lakukan dengan cara duduk bersila dan menutup mata. Setelah terbiasa melakukan meditasi, anda bisa melakukan sembari berjalan, menunggu antrian, atau waktu luang lainnya.
• Lakukan meditasi secara rutin. Jika anda adalah orang yang mempunyai banyak kegiatan, tidak harus melakukannya setiap hari, anda bisa melakukan meditasi ini dua atau tiga hari sekali.

Psikoterapi ECT

Psikoterapi merupakan metode yang digunakan untuk menangani gangguan kejiwaan. Psikoterapi biasanya dilakukan dengan cara berkomunikasi dengan pasien secara lisan untuk mengetahui permasalahan mereka dan menemukan solusi yang tepat. Psikoterapi untuk menangani percobaan sendiri dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :

Trancranial Magnetic Stimulation (TMS)
Proses terapi TMS menggunakan Medan magnet untuk menstimulasi sel yang ada di otak untuk menyembuhkan depresi. TMS dinilai sebagai metode dengan tingkatan invasi paling rendah karena terapi tanpa melakukan kegiatan operasi dan pembiusan. Terapi ini dilakukan dengan meletakkan kumparan elektromagnetik di ubun-ubun. Kumparan tersebut akan menghasilkan arus listrik tanpa membuat anda merasa sakit dan akan menstimulasi sel saraf di otak yang terganggu akibat depresi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, terapi ini perlu dilakukan beberapa kali.
Elektroconvulsive Therapy (ECT)
ECT atau terapi kejut listrik ini diawali dengan melakukan anastesi dan membuat pasien relaks terlebih dahulu. Lalu, akan dipasang elektroda di kepala yang akan mengalirkan listrik. Gelombang listrik ini akan terjadi selama kurang lebih 8 detik dan akan membuat pasien terkejut, tetapi tidak merasa sakit karena sudah dianastesi sebelumnya. Efek dari terapi ini adalah pasien akan hilang ingatan sementara.

Hal ini berguna agar pasien dapat melupakan segalan pikiran negatifnya.
Namun, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu psikoterapi menggunakan metode TMS dan ECT bukan merupakan cara pertama yang harus dilakukan untuk penanganan pasien yang ingin melakukan bunuh diri. Pengobatan pertama adalah dengan menggunakan obat anti depresan. Apabila obat ini sudah dikonsumsi selama 2-4 tetapi tidak membuahkan hasil maka psikoterapi ini boleh dilakukan.

About

View all posts by

Leave a Reply